Gempa Lombok; FK UNAIR Kirim 16 Dokter

lombok bangkitMEPNews.id – Pasca gempa dua gempa besar di pulau Lombok, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) Wilayah Nusa Tenggara Barat terus mendisitribusikan bantuan untuk para korban. Selain bantuan logistik, tenaga medis juga sudah dikerahkan di beberapa lokasi kerusakan terparah di wilayah Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram.

Pimpinan tim relawan penanggulangan bencana Lombok, dr Christrijogo Sumartono dr, SpAn, KAR dari Anestesiologi FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo, menyampaikan 16 dokter spesialis dikerahkan. Mereka antara lain spesialis orthopaedi, spesialis bedah umum, spesialis anestesi, serta sejumlah perawat.

Mereka telah melakukan tindakan operasi ke sejumlah korban yang berhasil dilarikan ke Rumah Sakit Umum Provinsi Mataram. “Mereka tim yang pertama kali melakukan repeat assessment di lapangan sambil memaksimalkan pelayanan yang sudah ada,” ungkap dr Chris, sebagaimana rilis pers PIH UNAIR, 8 Agustus 2018.

dr Chris (tiga dari kiri) bersama tim dokter FK UNAIR dan anggota IKA-UA mengunjungi pelabuhan tempat kapal Ksatria Airlangga bersandar.

dr Chris (tiga dari kiri) bersama tim dokter FK UNAIR dan anggota IKA-UA mengunjungi pelabuhan tempat kapal Ksatria Airlangga bersandar.

Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga juga dikirim ke pelabuhan Pamenang, Tanjung, Lombok Utara. “Lokasi sandar kapal juga sudah saya koordinasikan bersama pihak Dinkes Mataram, dr Lindung, serta tim IKA UA wilayah NTB,” ujarnya.

Pembina IKA UA Wilayah NTB, dr Doddy AK, SpOG(K), mengungkapkan saat ini tim telah berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah dan telah mengantongi ijin dari pihak Dinkes Provinsi Mataram dan rumah sakit provinsi untuk menggunakan delapan kamar operasi.

Selain dari UNAIR, bala bantuan juga datang dari sejumlah institusi pendidikan lainnya. “Sudah datang tim sukarelawan dari UGM, UNHAS, dan Udayana. Kemudian menyusul dari UB, dan UI,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.