Masyarakat Belitung Peduli Bencana Lombok

lombok bangkitMEPNews.id – Lombok dilanda gempa berkuatan 6.4 SR pada 29 Juli, disusul dengan ratusan gempa, dan yang terbesar dengan kekuatan 7.0 SR pada 5 Austus. Sampai berita ini diturunkan, masih terjadi gempa susulan. Sebelumnya bahkan sempat ada peringatan potensi tsunami.

Sampai hari ini, tidak kurang dari 560 kali gempa menghantui masyarakat Lombok. Secara umum, ada ribuan rumah rusak (berat-sedang-ringan), 20 ribu pengungsi, ratusan korban jiwa dan ribuan korban luka-luka, patah tulang dan lainnya.

“Gempa ini tidak hanya menghancurkan bangunan dan raga masyarakatg Lombok, tapi juga telah menananamkan trauma yang mendalam dalam setiap jiwa yang ada dan mengalaminya,” tutur Multazam selaku Kordinator Relawan Muda Belitung untuk korban gempa Lombok.

Sementara itu, jumlah relawan masih terbatas. Namun, jumlah posko semakin banyak seiring semakin banyaknya wilayah yang terkenan dampak gempa, mulai dari Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Mataram.

Multazam menuturkan bahwa saat ini Masyarakat Belitung sedang bergotong royong melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa di Lombok. “Mulai dari lembaga pendidikan, isntansi pemerintah, di jalan raya hingga orang per orang terus melakukan penggalangan dana sebaga wujud mepati dan kepedulian Masyarakat Belitung untuk korban gempa Lombok,” ujarnya.

Menurutnya, hingga berita ini dimuat, beberapa lembaga yang sudah melakukan penggalangan dana adalah SMAN 1 Sijuk, SMKN 2 tanjungpandan, SMAN 2 Tanjungpandan, Akper, Dinkes, dan beberapa lembaga yang sedang proses. “Kami ucapkan banyak terima kasih untuk masyarakat Belitung.” Ungkapnya.

Rencananya bantuan ini akan disalurkan melalui tim Madani Peduli yang ada di Lombok. Hingga saat ini tim terus memantau dan bergeriliya mmeberikan bantuan dan mendata kebutuhan-kebutuhan di pengungsian.

“Mohon doanya semoga Masyarakat Lombok diberi kekuatan dan ketabahan oleh Allah,” kata ia.

Facebook Comments

POST A COMMENT.