Mahasiswa UM Bikin Aplikasi Belajar Alquran

MEPNews.id – Tim pengembang aplikasi Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan aplikasi Bimbingan Baca Quran (BBQ) dengan memanfaatkan perangkat elektronik. Aplikasi bernama E-BBQ ini diciptakan dengan tujuan untuk mengentaskan angka buta aksara Alquran di Indonesia.

Setelah diluncurkan 22 Agustus 2017, menurut situs resmi um.ac.id, sampai saat ini E-BBQ terus disempurnakan. Dijadwalkan, aplikasi ini diujikan di Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Regional (MTQMR) V Jawa Timur pada 11-13 Agustus.

Hingga 2013, angka buta aksara Alquran di Indonesia masih 54%. Berangkat dari fenomena ini, tiga mahasiswa UM berinovasi menciptakan aplikasi belajar praktis dan dapat diakses oleh siapa pun. Mereka adalah Ari Gunawan mahasiswa S1 Manajemen, Moh. Nashikun Amin mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika, dan Achmadan Nizar mahasiswa S1 Pendidikan Luar Sekolah.

E-BBQ hadir dengan beberapa fitur, yaitu bina ibadah, belajar Alquran, dan latihan. “Untuk belajar Alquran, dapat memanfaatkan speech recognition. Gunanya untuk mendeteksi kesalahan membaca,” ungkap Achamadan Nizar.

Menurut Nizar, E-BBQ sudah diuji coba dan digunakan dalam kegiatan BBQ UM semester lalu. Walau sempat terkendala sedikit bug pada aplikasi, namun kegiatan BBQ dapat berjalan lancer. Aplikasi pun telah diperbaiki.

Dengan diujikan pada MTQMR V Jawa Timur, tim pengembang berharap E-BBQ bisa lebih banyak dikenal dan bisa dimanfaatkan perguruan tinggi lainnya. “Semoga aplikasi ini bisa digunakan untuk semua universitas yang menyelenggarakan kegiatan kerohanian bimbingan baca Alquran,” kata Nizar. (Diana Rahmawati Sutrisno)

Facebook Comments

POST A COMMENT.