Duduk Tegak, Ujian Matematika Jadi Mudah

MEPNews.id – Kesulitan mengerjakan soal-soal matematika saat ujian? Ya, harus banyak belajar dan berlatih soal-soal dulu. Kalau masih tetap kesulitan? Coba ubah postur duduk menjadi lebih tegak dan relaks. Hasil penelitian di San Francisco State University menemukan, perubahan sederhana dalam postur tubuh dapat meningkatkan kinerja saat mengerjakan ujian matematika.

Kantor berita Xinhua edisi 4 Agustus 2018 mengabarkan, studi yang diterbitkan dalam jurnal NeuroRegulation menunjukkan 125 mahasiswa diuji untuk melihat seberapa baik mereka dapat melakukan matematika sederhana, yakni mengurangi 7 dari 843 secara terus-menerus selama 15 detik. Suatu waktu, peserta duduk merosot. Waktu yang lain, peserta duduk tegak dengan bahu datar dan postur santai. Hasil penelitian menunjukkan, 56% mahasiswa melaporkan lebih mudah mengerjakan tugas matematika dalam posisi tegak.

“Bagi yang khawatir tentang soal matematika, postur tubuh bisa membuat perbedaan,” kata Erik Peper, profesor pendidikan kesehatan di San Francisco State University, sekaligus penulis utama hasil penelitian. “Posisi duduk merosot bisa menutup mereka dan otak jadi tidak berfungsi optimal. Mereka tidak bisa berpikir dengan jelas.”

Menurut penelitian itu, merosot adalah postur defensif yang dapat memicu kenangan negatif lama di tubuh dan otak. Kondisi demikian tidak memberi peluang bagi pemikiran kreatif saat mengerjakan soal-soal ujian.

Para mahasiswa saat eksperimen melaporkan tidak ada kegelisahan tentang matematika sebelum ujian, tapi mereka juga tidak melaporkan adanya manfaat besar dari postur duduk tegak. Sebaliknya, mereka mengaku mengerjakan soal matematika dalam posisi duduk merosot jadi lebih sulit.

Para peneliti mengatakan, temuan itu dapat membantu orang mempersiapkan berbagai jenis kinerja di bawah tekanan. Bukan hanya ujian matematika yang jadi tidak sulit saat duduk dengan postur yang baik. Persoalan lain pun bisa dihadapi dengan baik saat postur tubuh juga baik.

Facebook Comments

POST A COMMENT.