10 Makanan Ini Bisa Jebol Sumbatan di Arteri

MEPNews.id – Arteri adalah pembuluh darah yang mengantarkan nutrisi dan oksigen dari jantung ke seluruh organ. Namun, jika arteri yang menuju jantung tersumbat, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan utama kardiovaskular. Jika arteri yang menuju bagian tubuh lain tersumbat, bagian tubuh itu bisa loyo dan lama-lama bisa rusak. Karena itu, penting untuk menjaga pembuluh darah agar tetap bersih dan arteri sehat sebelum menjadi terjadi masalah besar. Caranya antara lain berfikiran positif, diet yang tepat, olahraga teratur, dan gaya hidup yang baik.
Nah, untuk membantu membersihkan arteri secara alami dan menjebol sumbatannya, simak beberapa rekomendasi makanan di bawah ini.
arteri 2
1. Apel
Orang Amerika bilang, “An apple a day keeps the doctor away.” Makan sebuah apel tiap hari membikin sehat sehingga dokter tak perlu repot-repot merawat. Ya, karena apel adalah buah yang bisa secara alami mengurangi sumbatan di arteri. Para ilmuwan dari Ohio State University menemukan, apel dapat mencegah penumpukan plak di arteri. Makan satu apel setiap hari selama setidaknya empat minggu dapat mengurangi kolesterol jahat hingga 40 persen. Apel mengandung polifenol atau antioksidan yang mencegah kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL) melakukan oksidasi. Tanpa antioksidan, racun yang mengoksidasi dalam pembuluh darah bisa mengeraskan arteri.

2. Ikan
Ikan dengan daging berlemak –antara lain makerel, salmon, dan tuna– mengandung lemak sehat yang dapat membongkar sumbatan di arteri. Lemak sehat ini dikenal sebagai asam lemak omega-3, yang berfungsi mengurangi peradangan di pembuluh darah, mencegah pembekuan darah, dan mencegah tekanan darah tinggi. The American Heart Association (AHA) menyarankan makan ikan yang dibakar atau dipanggang setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi penumpukan plak di arteri.

3. Alpukat
Buah alpukat bisa mengikis sumbatan arteri secara alami. Para ahli merekomendasikan mengganti mentega, krim, mayones, dan saus salad dengan satu bahan: alpukat. Penelitian yang diterbitkan di Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat menunjukkan, konsumsi harian alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat 11 hingga 22 persen. Satu porsi alpukat juga mengandung banyak serat, protein, dan vitamin yang bermanfaat bagi jantung.

4. Brokoli
Menurut ahli pengobatan alami Joe Pizzorno, brokoli kaya vitamin K yang berfungsi melawan pembekuan darah. Sayuran ini juga kaya serat yang membantu menurunkan tekanan darah. Brokoli juga mengurangi ketegangan karena penumpukan plak dan LDL di dinding arteri, sehingga membantu menjaga jantung sehat dan arteri bersih.

5. Kopi
Memang, ada penelitian yang mengindikasikan terlalu banyak kopi bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Namun, para peneliti di University of Western Australia juga melihat banyak juga efek positifnya. Jika minum 250 gram hingga 500 gram kopi setiap hari, Anda bisa membuka penyumbatan arteri dan menurunkan risiko gangguan jantung hingga 20 persen. Kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbaik, karena memiliki kandungan asam klorogenat tinggi. Antioksidan ini mencegah berkembangnya masalah jantung. Namun, pastikan minum kopi secukupnya untuk meminimalkan efek samping dari terlalu banyak kafein.

6. Kacang dan biji
Banyak manfaat kacang-kacangan dan biji-bijian. Ngemil almond dan walnut terbukti sehat untuk jantung. Kacang-kacangan ini kaya asam alfa-linoleat (ALA), vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, protein, dan serat. Kacang tanah, biji bunga matahari, kenari, serta kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah, yang membantu membersihkan arteri secara alami.

7. Bayam
Popeye saja makan bayam agar tubuhnya kuat. Ya, karena sayuran ini bisa membongkar sumbatan di arteri secara alami. Makan cukup bayam dapat mengurangi tingkat homosistein dalam tubuh. Homosistein ini banyak dihubung-hubungkan dengan gangguan jantung antara lain aterosklerosis atau arteri tersumbat. Tambahkan bayam ke dalam menu sayuran antara lain salad, sup, dan sandwich, atau blender bayam bersama lemon dan apel untuk menghasilkan smoothie lezat.

8. Semangka
Buah ini penuh L-citrulline yakni asam amino yang membantu membuka sumbatan di arteri. Semangka juga sumber alami oksida nitrit yang dibutuhkan jantung untuk menurunkan tekanan darah dan membersihkan pembuluh darah. Nikmati semangka sebagai makanan penutup atau sebagai minuman jus atau sertakan buah ini ke dalam salad atau salsa untuk makanan beraroma dan sehat.

9. Jeruk
Jeruk mengandung pektin yang membersihkan arteri. Menurut jurnal di Harvard Medical School, pektin adalah serat yang mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jeruk juga meningkatkan sistem kekebalan sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Jadi, jangan banyak ngemil makanan cepat saji, tapi perbanyak makan jeruk untuk mencegah penumpukan kolesterol.

10. Asparagus
Asparagus makanan sehat yang bisa membuka sumbatan arteri secara alami. Berisi banyak vitamin B1, B2, C, E, K, serat, dan mineral, sayuran ini juga meningkatkan produksi glutatione yang mengurangi zat beracun pengoksidasi di arteri. Asparagus juga memiliki asam alfa-linoleat dan asam folat yang meminimalkan pengerasan pembuluh darah.

Jadi, jika Anda mencari cara membersihkan arteri, ingat bahwa memakan makanan yang tepat dapat menjadi cara paling efisien dan alami. Saat menkonsumsi sebagian dari 10 makanan di atas, cobalah kurangi asupan gula dan lemak jenuh yang menjadi penyebab utama meningkatnya kolesterol jahat. Jangan lupa untuk konsisten, berkomitmen dan disiplin, karena menghilangkan akumulasi plak secara alami bisa memakan waktu lama. Biasakan diri berfikir positif, disiplinkan diet yang sehat, bergaya hidup dan selalu aktifkan gerakan tubuh. Langkah-langkah ini bisa menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan untuk kesehatan tubuh Anda daripada operasi jantung atau pembuluh darah.

Facebook Comments

POST A COMMENT.