Proses Menulis Karya Ilmiah Internasional

FOTO: Djuwari, saat presentasi dan sesi diskusi di Aula Umsida)

MEPNews.id —- Pada Selasa (31/7), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan pelatihan penulisan jurnal ilmiah. Dalam kegiatan ini, Umsida mengundang beberapa pakar, namun khusus penulisan karya ilmiah inernasional, Umsida mengundang Dr. Djuwari, M.Hum. Topik ini, khusus pada sesi hari pertama Selasa 31 Juli 2018, di Auditorium Umsida.
Dalam sesi khusus hari pertama, Djuwari menyajikan beberapa tahapan proses menulis. Dalam hal ini, tulisan sebelum dikirimkan, penulis harus tahu dulu tata cara penulisan yang ditentukan (guidelines). Dari sini, penulis wajib menuruti persyaratannya. Jika tidak, maka tulisan artikelnya akan ditolak.
Kedua, penulis harus mau mempelajari saran dan komentar para editor dan reviewer. Mereka ini akan memberikan banyak masukan terkait dengan tulisan artikel yang kita kirimkan. Mulai dari segi bahasa dan teknik retorikanya serta berbagai teknik penulisan karya ilmiah yang disarankan. Dari sini, banyak pelajaran yang kita dapatkan.
Selain itu, ada persyaratan tinkat kemudahan atau kesulitan berbahasa Inggris. Yang lebih menarik, Djuwari memberikan contoh dan praktik mencoba menilai tingkat bahasa Inggris. Misalnya dengan memanfaatkan Gunning Fox Index (GFI). Dari instrument ini, penulisan bisa mengukur tingkat kesuiltan bahasa Inggrisnya. Apakah tingkat elementary, intermediate, atau tingkat advanced.
Namun, mesin penerjemah Google misalny,a atau mesin penerjemah lainnya, tidak bisa dijamin paling baik. Para penulis harus bisa memilih istilah kata yang sesuai dengan bidang ilmu yang didalami. Setiap bidang ilmu memiliki kosa kata khusus yang tidak sama dengan istilah-istilah ilmu lainnya. Intinya, penulsian karya ilmiah internasional masih lebih banyak menggunakan kompetensi penulisnya sendiri sendiri (human instrument).
Banyak contoh bahasa khusus untuk penulsian karya ilmiah. Misalnya abstrak, pendahuluan, discussion, simpulan, Termasuk juga penulisan tabel dan penjelasannya. (mms)

Facebook Comments

POST A COMMENT.