FK UNAIR dan Osaka City University Perpanjang MoU Kerjasama

MEPNews.id – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memperpanjang kontrak kerjasama dengan Osaka City University Jepang. Perpanjangan memorandum of understanding (MoU) antar keduanya diwakili Wakil Dekan II FK UNAIR Prof Dr Budi Santoso, dr, SpOG (K) dan Dekan FK Osaka City University Prof Kenji Ohata MD, PhD. Penandatangan perpanjangan kerjasama itu berlangsung di Aula FK UNAIR , 26 Juli 2018.

Guru Besar UNAIR bidang Ilmu Bedah Saraf, Prof Dr Abdul Hafid Bajamal dr, SpBS (K) mengatakan, “Penandatangan dilakukan sebagai pembaharuan atas kerjasama yang telah dilaksanakan sejak 2013. Semoga kerjasama ini menguntungkan kedua pihak. Selain menangani bedah saraf, juga bisa menangani bidang neurologi, patologi, rehabilitation medicine, dan lain-lain.”

MoU ini bisa saling melengkapi kedua pihak terkait pembelajaran. Sebagai contoh, kasus tumor di Indonesia dan Jepang berbeda. Umumnya, tumor yang dideteksi di Jepang berukuran kecil. Kalau di Indonesia, rata-rata berukuran besar. Maka, proses pengangkatan dilakukan dengan teknik berbeda.

Wakil Dekan II Budi Santoso mengatakan, “Indonesia memiliki case yang umumnya lebih unggul terkait tumor. Di Jepang, rata-rata tumor berukuran kecil sehingga pembedahannya lebih mudah. Lain halnya di Indonesia yang dominan tumor besar.”

Prof Ohata menuturkan, “Kerjasama ini akan terus terjalin. Kontrak akan terus diperbaharui untuk upaya pengembangan medis antar negara. Juga untuk menyongsong UNAIR menuju World Class University.”

Ke depan, kerjasama ini tidak hanya membahas skill operasi, melainkan juga publikasi jurnal, memberi kuliah kepada mahasiswa S1 maupun S2, memberi pelajaran tentang bagaimana publikasi jurnal internasional, dan lain-lain.

Kerjasama antar kedua belah pihak berlangsung lantaran Universitas Airlangga memenuhi kualifikasi sebagai universitas ternama yang menangani medis, terutama di bidang bedah saraf. Ke depan, juga akan dilakukan pertukaran dokter antar kedua universitas.

Sebelumnya, Prof Ohata telah dua kali datang ke Universitas Airlangga pada MoU yang pertama. Ia bahkan juga pernah dimintai bantuan melakukan operasi tumor. (PIH Unair)

Facebook Comments

POST A COMMENT.