Boleh Coba; Kebiasaan Ini Bisa Asah Otak Anda

MEPNews.id – Tidak bisa dengan ‘sim salabim’ langsung membuat Anda jadi lebih pintar. Ada proses untuk mengasah otak agar semakin tajam. Anda harus membangun kecerdasan setiap saat melalui kebiasaan harian yang disengaja. Nah, berikut ini beberapa ide yang bisa ‘memaksa otak’ untuk berfikir. ‘Olah otak’ ini dapat membantu Anda jadi makin pintar.

1. Baca, baca, dan baca. Dalam Islam, perintah pertama yang diturunkan adalah iqra’. Ini menunjukkan betapa pentingnya membaca sebelum memahami banyak hal lain. Orang-orang hebat di dunia ini adalah pembaca yang hebat. Saat membaca, otak diasah dengan cara mendapatkan informasi, mendapatkan pemikiran, dan mendapat ajang untuk melakukan pengkajian.

2. Kurangi menonton TV, tambahi menonton video pendidikan. Stasiun televisi memberi banyak tayangan untuk berbagai segmen pemirsa sehingga tidak fokus. Untuk video pendidikan, temanya Anda pilih sendiri berdasarkan kebutuhan atau minat. Ini membuat otak Anda lebih fokus, sehingga bisa membuang info atau ide tidak berguna. Coba nikmati SmarterEveryDay di YouTube.

3. Berlangganan feed informasi menarik dan bagus. Itu bisa Anda dapatkan di Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Bisa juga langganan majalah atau koran yang terpilih. Anda akan selalu belajar sesuatu yang baru ketika Anda melihat newsfeed atau di meja kerja Anda. Informasi berguna selalu berdatangan, sehingga otak Anda punya banyak bahan untuk dihubung-hubungkan.

4. Dapatkan minimal 5 ide setiap hari. Pikirkan cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang Anda hadapi. Cara-cara bisa mengutip dari film, dari ide orang lain, dari buku, menjajal sendiri, dan lain-lain. Apa pun subjeknya, gerakkan otot-otot ide Anda. Catat ide-ide ini; kelak Anda akan mendapatkan manfaat sangat besar.

5. Buat dua daftar. Pertama, daftar keterampilan terkait sesuatu yang Anda ingin atau sudah pelajari sekarang. Kedua, daftar hal-hal yang Anda ingin capai di masa depan. Untuk keduanya, putuskan apa yang ingin Anda pelajari, cari sumber-sumber yang bisa mengajari Anda keterampilan-keterampilan ini, dan kemudian kerjakan setiap hari. Misalnya, jika Anda berminat pada ilmu komputer, daftar pertama Anda mungkin ada di situs Python. Daftar kedua bisa ada di situs MongoDB. Yang penting, tuliskan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan itu.

6. Tuliskan apa saja yang Anda pelajari. Silakan pakai blog atau aplikasi Inkpad untuk menulis, dan kemudian membantu menyimpan dan melacak semua yang Anda pelajari. Selain menjadi cara bagus untuk mencatat semua yang Anda lakukan, ini juga sumber motivasi untuk membuat Anda tetap memikirkan dan melakukan sesuatu.

7. Adu apa yang Anda pelajari. Jika menemukan orang untuk berdebat dan menganalisis ide, Anda dapat saling menambah pengetahuan satu sama dan mendapatkan perspektif baru. Ketika bisa menjelaskan suatu ide kepada orang lain, berarti Anda sudah menguasai dan paham betul. Sekarang, Anda bahkan dapat membagikan apa yang Anda pelajari tanpa harus berbicara langsung dengan seseorang. Banyak orang suka memulai blog sehingga mereka dapat melibatkan orang lain dalam dialog online.

8. Bergaullah dengan orang-orang yang lebih pintar. Tentu saja, jangan batasi diri untuk bergaul dengan siapa saja. Namun, gunakan lebih banyak waktu bersama orang pintar atau lebih hebat. Silakan ngobrol sambil ngopi atau berdiskusi serius dengan seseorang yang menginspirasi Anda. Rendah hati, bukalah otak, dan selalu mau belajar. Ajukan pertanyaan sebanyak mungkin. Jika berada di sekitar orang-orang yang lebih berpengetahuan, Anda tidak akan punya pilihan selain belajar lebih banyak.

9. Ikuti rasa keingin-tahuan. Jika melihat atau mendengar sesuatu yang keren, jangan biarkan momen itu berlalu. Jika tertarik untuk mengamati sesuatu, jangan buang waktu. Jika penasaran terhadap misteri tertentu, itu adalah gerbang pengetahuan. Mana, segera tindak lanjuti. Ikuti rasa ingin tahu Anda dan temukan jawaban-jawaban atas pertanyaan Anda.
10. Jangan lupa, sisihkan waktu untuk tidak melakukan apa-apa. Sering kali, duduk diam dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi dan renungan hari. Ilham mudah datang pada diri yang tenang.

(Teguh W. Utomo)

Facebook Comments

POST A COMMENT.