Mempersiapkan Sekolah Menyambut Lagi Murid Lama

Syaifulloh
Penikmat Pendidikan

MEPNews.id — Hari Senin 16 Juli 2018 kemarin adalah hari pertama masuk sekolah bagi murid-murid baru dan lama. Setelah melewati liburan yang cukup panjang, saatnya para murid mengikuti pelajaran lagi. Saatnya bertemu dengan teman-temannya dan Bapak Ibu Guru tercinta yang membimbing menuju perolehan kompetensi yang di inginkan.

Suasana sekolah yang menyenangkan akan kembali dinikmati oleh para siswa di sekolah masing-masing. Lingkungaj belajar kondusif menjadi pengalaman belajar yang sulit untuk dilupakan. Kenangan yang selalu terbawa sampai lulus di satuan pendidikan itu. Suasana kelas yang menjadi interaksi proses belajar mengajar menjadi kenangan paling mengesankan.

Sekolah yang dapat memberikan layanan pada awal tahun peajaran kepada semua siswa baik yang baru maupun kakak kelasnya untuk dapat bersama-sama menikmati pelajaran setelah liburan begitu panjang.

Sekolah sudah mempersiapkan sedemikian rupa untuk memberikan layanan sempurna bagi murid lama merupkan kebutuhan ideal agar dapat mengikuti pelajaran seperti tahun sebelumnya.

Semua perangkat sekolah sudah betul-betul menyiapkan segala macam kebutuhan proses belajar mengajar bagi siswa lama agar mereka bisa menikmati kompetensi mata pelajaran sesuai kelas masing-masing.

Ada sebagian sekolah yang masih jam 09.00 pagi ini sudah memulangkan siswanya. Terlihat begitu gembiranya anak-anak yang bisa pulang pagi dari seharusnya.

Alasan pulang pagipun terasa klise kalau ditanyakan mereka. Gurunya pada sibuk rapat untuk mempersiapkan awal tahun peajaran. Awal tahun pelajaran yang hari ini mulai berjalan, ternyata masih ada sekolah yang belum siap memberikan pelajaran kepada siswa yang lama.

Kejadian seperti ini sepertinya menjadi adat tahunan yang berulang-ulang sekian lama dan begitu dinikmati oleh sebagian sekolah. Para guru memiliki alasan yang cukup enak didengar, awal masuk pertama masih belum siap untuk menerima pelajaran secara penuh.

Anak-anak masih perlu penyesuaian setelah libur panjang. Penyesuaian inilah yang dijadikan alasan untuk memulangkan siswanya lebih pagi. Sepertinya murid juga senang sekali ketika tidak menerima pelajaran.

Sekolah pada sibuk mempersiapkan menyambut murid baru tapi tetap memberikan materi yang seharusnya diberikan kepada murid lama dengan durasi jam sama bisa menjadi kebutuhan pendidikan di masa depan agar mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran pada saat sebelum masuk sekolah.

Penyambutan murid lama yang masuk lagi pada tahun ajaran baru akan memberikan semangat besar dalam mengikuti program pembelajaran dan prestasi akademik dan non akademik bagi semua siswa secara merata. Kalau perlu siswa lama juga perlu dimatrikulasi lagi agar mereka memiliki kompetensi merata pada semua individu. Kompetensi secara merata ini semakin memudahkan guru dalam proses belajar mengajar dan mencapai kompetensi belajar minimal.

Wassalam

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.