Ingin Tambah Sperma? Makan Kacang-kacangan!

MEPNews.id – Punya masalah dengan kesuburan? Jumlah dan mutu sperma kurang sehingga lebih susah membuahi pasangan? Jangan khawatir, silakan saja makan kacang-kacangan dan biji-bijian. Menurut penelitian ilmiah terbaru, ini salah satu resep bagi pria untuk bisa meningkatkan kesuburan.

Sadhana Bharanidharan, dalam Medical Daily edisi 5 Juli 2018, mengabarkan bahwa makan 60 gram berbagai jenis kacang dan biji tiap hari selama 14 minggu bisa secara signifikan meningkatkan kualitas sperma pria. Ini bukan data asal-asalan, tapi hasil penelitian di Spanyol.

Temuan berjudul ‘Pengaruh konsumsi kacang pada kualitas sperma dan fungsionalitas laki-laki sehat’ ini dipresentasikan dalam pertemuan European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE 2018) di Barcelona. Temuan ini mendukung sejumlah temuan sebelumnya tentang konsumsi kacang untuk kualitas sperma.

Sebagai bagian dari penelitian, 119 pria sehat berusia antara 18 hingga 35 tahun direkrut dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menambahkan 60 gram kacang-kacangan pada diet harian ‘gaya barat’ yang meliputi almond, kacang tanah, hazelnut, dan walnut. Kelompok kedua tidak makan kacang apa pun. Setelah penelitian 14 minggu, para peneliti membandingkan kualitas sperma dari kedua kelompok.

Yang mengonsumsi kacang setiap hari mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah sperma. Rata-rata, jumlah sperma mereka 16 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak makan kacang. Vitalitas, gerakan, dan bentuk sperma mereka juga mengalami peningkatan. “Selain itu, kelompok kacang juga menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat fragmentasi DNA sperma. Ini parameter infertilitas pria,” kata tim.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum para ahli kesehatan dapat membuat rekomendasi diet kacang-kacangan bagi kaum pria yang mencoba menghamilkan istri mereka.

“Masih butuh penelitian lagi,” kata mitra penulis studi, Albert Salas-Huetos, dari Universitat Rovira i Virgili di Reus, Spanyol. “Tetapi, bukti sudah terakumulasi dalam literatur bahwa perubahan gaya hidup sehat, antara lain mengikuti pola diet sehat, dapat membantu pembuahan sperma atas sel telur. Tentu saja, kacang-kacangan adalah komponen kunci dari diet sehat Mediterania.”

Berbagai jenis kacang dapat memberikan protein, kalsium, antioksidan antara lain vitamin C dan E, omega 3, folat, dan lain-lain. Kacang-kacangan juga dianggap sebagai sumber serat dan lemak sehat (tak jenuh tunggal maupun tak jenuh ganda).

Temuan penelitian di Spanyol ini bisa ditiru oleh mereka yang mengalami masalah kesuburan signifikan. Namun, selain makanan, masih banyak faktor lain yang dapat berkontribusi pada infertilitas dan harus dipertimbangkan. Antara lain kebiasaan merokok, paparan radiasi, stres emosional, berat badan dan banyak lagi.

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.