Teksas Wonocolo di Mana Letak Keadilanmu

Oleh:M.Yazid Mar’i
Kamis 5 Juli 2018, Melihat dari dekat “Teksas Wonocolo” yang terletak di kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur,, sebagai pusat minyak tradisional yang juga merupakan salah satu daridua keakaiban alam setelah Afrika, yaitu sumber minyak diatas ketinggian 270 m dari permukaan lait, seperti berada di daerah yang asing. Sejauh mata memandang ratusan bahkan ribuan penambang minyak tradisional menghiasi pegunungan di lahan perhutani yang ratusan hektar luasnya. Jika berdasrkan keterangan camat kedewan Edi Subroto, SH. Satu orang penambang rata~rata perhari dapat menyuling minyak 40.000 liter perhari. Maka jika dikalikan 1000 penambang saja, maka perhari 40 juta liter. Lalu jika satu minggu, satu bulan, satu tahun, atau satu dasa warsa, tentu fapat dibayangkan berapa omsetnya? Tetapi ketika melihat kondisi jalan, ekonomi masyarakat, sangatlah bertolak belakang. Jalanan yang rusak menuju wisata “Teksas Wonocolo” tentu setiap orang akan berkata, dimana letak keadilan negara?

IMG-20180705-WA0037
Menelusuri jalanan dari pukul 12.00 ~ 16.30,kami bertiga mencoba berbincang dengan camat setempat, untuk bagaimana kedepan melakukan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan SDM melalui pendidikan dari PAUD hingga perguruan tinggi, tentu bukanlah suatu mimpi, tapi mestinya dapat menjadi kenyataan.
Maka Bojonegoro yang didalamya terdapat dinas terkait, tenlah kedepan harus berfikir serius dalam melalukan perencanaan analisis, secara sinergi untuk membabgun bangsa mewujudkan keadilan dan kesejahteraan. Jika tidak maka negara dapat dikatakan dholim.
Dan sebagai bagian dari masyarakat, maka realitas ini, tentu akan menjadi bahan kajian serta analisa dalam mrwujudkan mimpi menjadi kenyataan. ***

Penulis ketua YPPSDI (Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Insani) Bojonegoro.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.