Diabetes? Kendalikan Darah dengan Bawang

MEPNews.id – Diabetes adalah kondisi seumur hidup yang terkait dengan terlalu tingginya kadar gula dalam darah seseorang. Penyakit ini ditandai oleh tubuh yang tidak dapat melakukan metabolisme dengan baik terhadap glukosa. Hal ini menyebabkan kadar glukosa darah yang tinggi dari waktu ke waktu sehingga dapat merusak organ-organ tubuh.

Apa saja tanda-tanda orang mulai kena diabetes? Antara lain;

  • Sering haus; Merasa haus terus-menerus adalah salah satu gejala awal diabetes. Biasanya disertai kekeringan di mulut.
  • Mendadak kurus; Jika makan banyak tetapi badan tiba-tiba menjadi lebih kurus dan terkesan kering, ini indikasi ada sesuatu yang tidak benar. Bisa jadi, tubuh kekurangan insulin atau sensitif insulin sehingga tidak dapat mengangkut gula darah ke dalam sel otot.
  • Kaki mati rasa atau lelah; Jika telapak kaki tidak bisa merasakan apa-apa, termasuk geli, dan kaki terasa tidak bertenanga, ini bisa menjadi peringatan. Karena jaraknya paling jauh dari jantung, kaki sering terkena lebih dulu ketika ada masalah dengan darah.
  • Luka susah sembuh; Jika tergores paku hingga luka, maka lukanya susah sembuh atau sembuhnya lebih lambat dibanding luka serupa pada orang sehat.
  • Infeksi; Orang yang kena diabetes lebih rentan infeksi karena kelebihan jumlah gula dalam tubuh. Bahkan, infeksi dari saluran kemih.
  • Tekanan darah tinggi; Untuk orang dengan diabetes, tekanan darah seharusnya dijaga tidak lebih tinggi daripada 135/80.

Penderita diabetes dianjurkan menjauh dari makanan bergula atau karbohidrat berlebihan. Namun, ada makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Laura Mitchell, dalam Daily Star edisi 2 Juli 2018, mengungkapkan bawang memiliki potensi membantu mengelola gula darah.

Penelitian pada 2006, diperkuat penelitian pada 2014 mendukung gagasan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Makanan ini sumber vitamin B-6 dan C. Vitamin B-6 terlibat dalam metabolisme karbohidrat, vitamin C berperan dalam menjaga kadar gula darah. Bawang putih juga tidak memiliki peringkat GI karena tidak memiliki karbohidrat sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Secara tradisional, bawang putih juga telah direkomendasikan untuk membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Dalam bukunya yang berjudul Eat Better, Live Longer, ahli gizi medis Dr Sarah Brewer dan ahli diet Juliette Kellow juga mengklaim bawang merah mampu menurunkan kadar gula darah.

“Bawang putih dan bawang merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Keduanya sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan resistensi insulin atau diabetes,” tulis mereka. “Dalam satu studi terhadap pasien diabetes, porsi 100 gram bawang merah secara signifikan menurunkan kadar gula darah.”

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.