Pengalaman Lama Dibuat Baru dan Menyenangkan

MEPNews.id – Bosan menjalani kehidupan sehari-hari yang isinya itu-itu saja? Jangan! Nikmati hidup dan isi kehidupan dunia ini dengan tetap mengingat tujuan akhirat. Kalau sekadar mengusir kebosanan dan untuk lebih bisa bersenang-senang, studi terbaru psikologi bisa menunjukkan caranya.

Orang bisa menikmati hal-hal sederhana dan pengalaman masa lalu dengan cara baru sehingga lebih menyenangkan. Contohnya, makan popcorn, nonton video, dan minum air bahkan lebih banyak lagi. Orang bisa lebih menikmatinya jika melakukannya dengan cara yang tidak biasa.

Cara-cara baru itu terungkap dalam penelitian Ed O’Brien dan Robert W. Smith yang dipublikasikan di Personality and Social Psychology Bulletin edisi 17 Juni 2018 dengan judul; Unconventional Consumption Methods and Enjoying Things Consumed: Recapturing the ‘First-Time’ Experience.

Dalam eksperimen nyleneh, kedua psikolog menemukan bahwa makan popcorn dengan sumpit, minum air dengan cara menjilatnya seperti kucing, dan menonton video menggunakan ‘kacamata tangan’ bisa membuat semua kegiatan biasa-biasa saja itu menjadi lebih menyenangkan,.

Dr Smith mengatakan, “Ketika makan popcorn dengan sumpit, Anda lebih memperhatikannya dan Anda jadi lebih tenggelam dalam pengalaman baru. Ini jadi seperti makan popcorn untuk pertama kalinya.”

Dalam eksperimen, sejumlah responden makan popcorn dengan tangan mereka dan kemudian makan lagi dengan sumpit. Setelah itu, mereka melaporkan perasaan. Ternyata, responden menikmati lebih banyak pengalaman baru saat menggunakan sumpit. Mereka merasa lebih tenggelam dalam pengalaman, rasa popcorn jadi lebih enak, dan mereka lebih fokus pada makanan.

Dr Smith mengatakan, “Ini menunjukkan bahwa sumpit meningkatkan kenikmatan popcorn karena memberikan nuansa pengalaman pertama kali yang tidak biasa. Sumpit bukan cara yang lebih baik untuk makan popcorn, tapi pengalaman cara baru.”

Dalam eksperien lain, sejumlah responden menonton video secara normal dan membentuk kacamata dengan tangan di sekitar mata mereka dulu kemudian menonton video dan mengayunkan kepala ke atas dan ke bawah ke video.

Dr Smith mengatakan, “Mereka benar-benar menganggap video jadi lebih baik karena kacamata tangan membuat mereka lebih memperhatikan apa yang mereka tonton daripada yang seharusnya. Mereka jadi lebih tenggelam dalam pengalaman baru menonton video.”

Banyak kegiatan lama dan sudah biasa yang dapat dibumbui dengan cara ini, kata Dr. Smith: “Cara ini lebih mudah untuk membuatnya terasa baru daripada yang Anda kira. Ini juga jauh lebih hemat untuk menemukan cara-cara baru menikmati hal-hal yang kita miliki, daripada membeli barang-barang baru. ”

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.