Serotonin Juga Bisa Tingkatkan Pembelajaran

MEPNews.id – Yang sudah dikenali, hormon serotonin adalah neurotransmitter yang terkait dengan kontrol suasana hati. Orang bisa menjadi lebih bersemangat, lemes, bergembira, depresi, sedih, merasa senang saat bergaul, merasa tidak nyaman, dan sejenisnya. Selain itu, variasi kadar serotonin juga membantu mengatur berbagai fungsi antara lain; tidur dan hasrat seksual.

Nah, dikabarkan Maria Cohut lewat Medical News Today edisi 26 Juni 2018, penelitian terbaru menemukan peran lain yang dimainkan serotonin: meningkatkan kecepatan belajar. Serotonin, neurotransmiter kunci untuk pengaturan emosi, juga memainkan peran dalam proses belajar.

Beberapa makalah penelitian sebelumnya memang telah menghubungkan serotonin dengan memori dan neuroplastisitas, atau kemampuan otak untuk terus beradaptasi sepanjang hidup seseorang sehingga dapat menjaga kesehatan dan fungsi kognitif. Namun, peranya dalam percepatan pembelajaran baru diketahui.

Para ilmuwan dari dua institusi; Champalimaud Center for Unknown (CCU) di Lisbon, Portugal, dan University College London (UCL) di Inggris, telah menggali lebih dalam temuan sebelumnya itu. Hasilnya, mereka menemukan serotonin juga terlibat dalam proses pembelajaran. Lebih khusus, serotonin tampaknya berkontribusi pada kecepatan kita mempelajari informasi baru.

Seperti yang diungkapkan para peneliti dalam makalah yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications, penelitian dilakukan dalam model tikus. Tujuannya, menguji seberapa cepat hewan itu mampu menyesuaikan perilaku mereka dengan situasi tertentu. Nah, serotonin tampaknya memainkan peran besar dalam proses ini.

“Studi menemukan serotonin meningkatkan kecepatan belajar,” kata salah satu mitra penulis hasil studi, Zachary Mainen, dari CCU. “Ketika neuron serotonin diaktifkan secara artifisial dengan menggunakan cahaya, itu membuat tikus lebih cepat menyesuaikan perilaku mereka dalam situasi yang membutuhkan fleksibilitas. Artinya, mereka memberi lebih banyak bobot pada informasi baru dan karena itu mengubah pikiran mereka lebih cepat ketika neuron ini sedang aktif.”

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.