Berebut Nonton Nissa Sabyan dalam Kampanye

bojonegoro - khusnatul mawaddahOleh: Khusnatul Mawaddah

MEPNews.id – “Sudah to, Mi. Kita pulang saja. Kita lihat dari video. Nggak ada bedanya, lo. Nanti pasti teman Mami pada ngirim videonya,” anakku nyeletuk. “Tuh kita capek, kan? Muter-muter terus gak dapat tempat.”

Sambil terus mencari tempat, dengan sedikit beralasan, aku jawab, “Iya… ini Mami kan kasih pengalaman dari dekat. Biar Kakak tahu kampanye itu gimana…”

Sungguh, untuk bisa menonton langsung penampilan Nissa bersama grup musik Sabyan Gambus di Bojonegoro, Jawa Timur, membutuhkan perjuangan ekstra. Di antara sesama penonton, kami harus berdesakan mirip saat thowaf di sekitar ka’bah. Bedanya, saat thowaf kita berusaha sekuat tenaga bersabar sambil berdzikir, tapi di sini saya lupa dzikirnya karena keburu pingin melihat si artis. Wah, parah juga saya.

Khoirunnisa, nama asli Nissa Sabyan, dikenal publik karena menyanyikan lagu-lagu Islami dan shalawat Nabi. Gadis kelahiran Bandung 23 Mei 1999 itu memiliki paras imut dan suara merdu. Tak pelak, begitu mengeluarkan video klip baru, langsung bertebar luas via medsos. Video lulusan SMK jurusan ototronik (otomotif dan elektronik) ini ditonton jutaan kali dan sering menjadi trending di Youtube. Sabyan sendiri berani tampil beda. Grup asal Jakarta ini justru mengusung musik gambus Timur Tengah. Dengan kemasan dan aransemen kekinian, musik gambus yang dihadirkan jadi unik.

Nissa Sabyan, tanpa harus mengeluarkan biaya promosi, sudah menjadi populer di mana-mana. Tak pelak, kehadiran penyanyi muda multitalenta di Bojonegoro ini langsung membikin heboh. Dari kalangan anak-anak, ibu-ibu, remaja hingga manula berbondong-bondong menyaksikan lantunan sholawat dan lagu-lag Islami. Sahabat Sabyan, begitu julukan khas fans, antusias ingin menyaksikan dari dekat penyanyi pujaannya.

Saya dan keluarga, sebagai bagian dari Sahabat Sabyan di Bojonegoro, ikutan muter-muter cari tempat longgar sambil melihat lokasi panggung. Tidak juga menemukan kenyamanan, akhirnya kami berhenti di pinggir dekat pedagang kaki lima. Di situ kami menikmati tampilan Nissa Sabyan dari jauh.

Nissa Sabyan dengan sholawatnya membawa para penggemar dari semua segmen melampiaskan kerinduan untuk bisa bertemu langsung. Dukungan profil yang imut mirip artis Korea dengan dandanan muslimah kekinian menambah sejuknya suasana.

Penampilan Sabyan diawali nasyid ‘Deen Assalam’. Lagu ini sangat cocok saat ummat Islam menjadi obyek kekerasan Yahudi. Disusul lagu berjudul ‘Ya Habibal Qolbi’ yang artinya ‘Wahai Kekasih Hati’, kemudian ‘Ya Maulana’, ‘Ya Jamalu’, ‘Ya Asyiqol’, ‘Ya Rohman’, ‘Ahmad Ya Habibi’ dan lain-lain.

Hampir semua audiens ikut melantunkan sholawat dengan suka ria. Begitu musik dan lagu dinyanyikan, penonton melambaikan tangan bergoyang pelan. Suasananya sangat beda dengan anak-anak muda yang berjoget histeris mengiringi musik dangdut. Muatan isi sholawat dengan tampilan apik musik gambus menjadi daya pikat audiens. Seakan lupa ini even kampanye, semua larut bersama penyanyi idola.

Sambil ngeluyur mencari jalan pulang setelah menikmati beberapa nasyid, saya mengakui strategi marketing Paslon nomor urut 2 Mahfudhoh Suyoto dan Kuswiyanto betul-betul mengenai sasaran. Dengan mendatangkan artis milenial ini, kota Bojonegoro semarak dengan lantunan sholawat Nabi. Massif tapi tidak provokatif.

Sejak 21 Juni 2018, jadwal kampanye terbuka Pilkada Kabupaten Bojonegoro dimulai setelah sekian bulan bergerilya. Empat paslon menampilkan orasi program dan mendatangkan bintang tamu artis atau penyanyi dari luar daerah sesuai selera mereka dan pendukungnya. Ada juga yang mendatangkan pejabat dan tokoh nasional.

Menjadi pemimpin Kabupaten Bojonegoro memang menjadi daya tarik semua pasangan. Selain sumber gas alam yang mendatangkan pendapatan daerah lewat sistem dari bagi hasilnya, juga karena perekonomian wilayah ini mulai bertumbuh.

Landasan sudah ditanamkan Suyoto mantan bupati dua periode lewat keterbukaan publik, pemberian beasiswa tingkat SLTA, jamkesda, serta berbagai fasilitas kemudahan pelayanan publik, dan memudahkan pengaturan roda pemerintahan.

Semoga Bermanfaat.

Facebook Comments

POST A COMMENT.