Data Kecil Sejarah Awal Kelahiran Sepakbola

Kemari, sepakbola Cuju versi Jepang, sudah berkembang sekitar abad ke-18.

 

MEPNews.id – Tak terbantahkan, sepakbola menjadi olahraga paling populer di dunia. Saat ini, kompetisi internasional Piala Dunia Sepak Bola 2018 sedang digelar di Rusia. Bagaimana terbentuknya olahraga ini sehingga menjadi yang paling heboh sekarang?

  1. Zaman pra-modern.

Jauh sebelumnya, ada aktivitas semacam permainan sepakbola. Beberapa catatan sejarah menunjukkan, sepakbola ada di Cina, Jepang, Afrika hingga Eropa. Cuju atau Ts’u Chu sudah dimainkan di Cina, Korea, Jepang, dan Vietnam berupa berkompetisi membawa bola ke batas tertentu. Di pemakaman Mesir kuno ditemukan ‘bola’ linen. Pada Abad Pertengahan, bermain bola mulai populer di Eropa. Biasanya, sekelompok besar orang ‘bertempur’ melawan kelompok besar lain untuk memindahkan bola dari satu ujung desa ke ujung lainnya.

Pada awal abad ke-19, pertandingan terorganisir dengan aturan yang jelas telah dimainkan di sekolah-sekolah umum di Eropa terutama di Inggris. Namun, setiap sekolah memiliki kode khusus sendiri sehingga organisasi pertandingan kompetitif menjadi rumit. Perbedaannya antara lain seberapa banyak tangan yang diizinkan memegang bola hingga seberapa banyak ‘hacking’ (menendang betis lawan) yang dibolehkan.

  1. Terbentuknya embrio sepakbola moderen

Salah satu saat penting dalam pengembangan pertandingan sepakbola terjadi pada Oktober 1863. Perwakilan dari belasan sekolah dan klub olahraga bertemu di Freemason ‘Tavern di London untuk membentuk Asosiasi Sepakbola Inggris. Mereka juga menyetujui seperangkat aturan resmi yang memungkinkan semua pihak bermain.

Empat belas aturan disepakati, antara lain tentang luasnya lapangan, ukuran gawang dan bentuk awal aturan offside. Kala itu, jumlah pemain dalam tim belum ditetapkan. Pemain masih mungkin untuk mengklaim ‘tangkapan yang adil’ dengan menggunakan tangan. Hacking dilarang karena membahayakan lawan. Keputusan soal hacking ini menyebabkan Klub Blackheath protes dan meninggalkan rapat.

  1. Bagaimana perkembangan selanjutnya?

Aturan main 1863 bukan satu-satunya yang berlaku. Upaya terus dilakukan antara lain di Cambridge untuk mengkodifikasikan aturan. Beberapa klub masih bermain di bawah aturan yang dirumuskan sebelumnya di Sheffield pada 1857. Kemudian, pada 1877, dua set aturan digabungkan. Kompetisi resmi FA Challenge Cup pertama dipentaskan pada 1871/72 di Inggris. Kemudian, popularitas sepakbola semakin dengan pembentukan kompetisi Football League pada 1888.

  1. Pertandingan internasional

Pertandingan internasional dipentaskan antara pemain Inggris dan pemain Skotlandia yang tinggal London dimainkan di London antara 1870 dan 1872. Tapi, pertandingan resmi internasional pertama antara negara-negara Inggris dan Skotlandia dipentaskan di West of Scotland Cricket Ground pada Hari St Andrew 1872. Disaksikan 4.000 penonton, pertandingan berakhir imbang 0-0.

  1. Piala Dunia

Jules Rimet, presiden Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA) memutuskan menggelar turnamen internasional sepakbola. Maka, diputuskan kompetisi Piala Dunia. Piala Dunia pertama mengundang 13 negara di Uruguay. Dalam final yang digelar 30 Juli 1930 di Montevideo, 93.000 penonton menyaksikan Uruguay mengalahkan Argentina 4–2. Ini semacam pertandingan ulang perebutan medali emas Olimiade 1928.

Facebook Comments

POST A COMMENT.