Self-Directed Learning di ESAC STIE Perbanas

(foto: Mahasiswa buat ringakasan setelah diskusi)

MEPNews.id –Self-directed learning (SDL) merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada motivasi tinggi mahasiswa. Dalam kaitannya dengan SDL, matakuliah English for Specific Purposes (ESP) untuk mahasiswa di laboratorium Bahasa memerlukan variasi suasananya. Mahasiswa program studi (prodi) Akuntansi S1, untuk kelas ESP on Accounting kelas G2, diasuh oleh Dr. Djuwari, M.Hum. Kali ini, mereka dianjurkan masuk ke English Self-Access Center (ESAC).
Tepat pada Jumat (8/6) pukul 13:00, mahasiswa ESP on Accounting ini masuk di ESAC. Mereka berdiskusi tentang karir masa depan mereka. Topik ini memang sengaja beda agar mereka bisa leluasa mengungkapkan pikirannya secara bebas. Hasil diskusi berbahasa Inggris ini kemudian dirangkum dalam laporan tertulis.
“Mahasiswa perlu dibina menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari untuk belajar dengan minat dan keinginan mereka. Setiap manusia itu memiliki karakter dan strategi belajar yang berbeda-beda. Itu sebabnya, berbagai strategi belajar kita berikan agar mereka bira menerapkan mana yang cocok untuk mereka masing-masing.” Tutur Djuwari.
Self-directed learning memang mengutamakan kemampuan dan kelebihan setiap mahasiswa masing-masing. “Di samping belajar klasik di kelas, mereka juga diberi aktivitas di ESAC, misalnya untuk berlatih percakapan, menguarikan pikiran, menjabarkan objek, penjualan, produk, dan berbagai topik terkait bidang mereka serta topic yang mereka pilih.” Papar Djuwari.
ESAC merupakan wadah mahasiswa untuk menambah pola belajar dan membiasakan secara mandiri belajar dengan tanpa diperintah. Pertama, mahasiswa dibimbing penuh, kemudian, di beri waktu untuk berusaha melepaskan diri tanpa bantuan dosen dan mereka akhirnya mandiri memilih cara belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka sesuai kapasitas dan minat mereka. (mms)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.