6 Cara Cepat Mendongkrak Kepercayaan Diri

tom kolom kecilOleh: Teguh W. Utomo

MEPNews.id – Apakah telapak tangan Anda berkeringat saat dihadapkan pada calon mertua? Apakah jantung Anda deg-degan saat akan bertemu calon klien bisnis kharismatis? Apakah perasaan takut gagal membuat Anda diam tak melakukan apa-apa? Apakah Anda gugup saat berada di antara banyak orang?

Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Kita semua pernah berada dalam situasi semacam itu pada satu waktu. Bahkan, penelitian menunjukkan 85 persen orang mengalami apa yang Dr. Joe Robino sebut sebagai ‘kurangnya harga diri’ (The Self-Esteem Book, Vision Works Publishing‚ 2006)

Untungnya, ada sejumlah cara mudah sehari-hari untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kemudian menjalani kehidupan lebih baik. Berikut ini beberapa kiat berharga untuk membantu Anda mengendalikan rasa keraguan diri.

Doa yang Sangat Nyata

Kalau sudah terlanjur tidak percaya diri parah, kemungkinan besar mental Anda sudah terbentuk seperti begitu. Otak Anda mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak percaya diri sehingga tumbuh keyakinan Anda memang tidak percaya diri dan akhirnya berkembang perilaku seperti contoh di atas.

Maka, hubungkan diri dengan Tuhan lewat doa. Berdoalah menurut tuntunan agama Anda. Saat berdoa, ungkapkan dengan sejelas-jelasnya apa yang Anda inginkan. Jangan sekadar berdoa agar diri Anda menjadi lebih baik, namun ungkapkan dan visualisasikan baiknya itu seperti apa. Misalnya, ”Saya ingin terlihat lebih segar, detak jantung saya terkontrol, bisa tersenyum, saat menghadapi wawancara.”

Dengan doa yang jelas, Tuhan juga akan mengabulkan lebih jelas. Seluruh bagian tubuh akan bergerak ke arah apa yang Anda gambarkan itu. Alam di sekitar Anda juga akan mendukung pencapaian itu. Hal-hal negatif dalam diri Anda akan tersingkir sehingga yang tumbuh hanya kepercayaan diri.

Anda bisa melakukan ini di ruang dan waktu sesuka dan senyaman Anda. Berdoalah tentang siapa Anda yang Anda inginkan, apa yang ingin Anda capai, manfaat apa yang Anda ingin berikan pada lingkungan, dan lain-lain. Doa-doa yang positif dengan visualisasi sangat jelas ini secara perlahan bisa mengubah mental Anda untuk yakin menuju yang Anda inginkan.

Afirmasi harian

Afirmasi adalah berkali-kali mengucapkan kalimat tertentu sehingga ide dasarnya tertanam ke dalam benak Anda. Misalnya, mengatakan, “Saya orang yang bersyukur pada anugerah Tuhan.” Atau, “Saya bisa mengatasi masalah.” Atau, “Saya membuat orang-orang menyukai saya.” Atau, kalimat lain yang baik dan positif. Dengan rutin melakukan afirmasi positif tentang diri Anda dan kehidupan Anda, maka otak akan mengalurkan zat kimia yang membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman. Selain itu, Anda akan tergerak menuju apa yang Anda ucapkan berkali-kali itu.

Mendandani fisik

Setelah mental dan otak dibenahi, jangan lupa fisik. Olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri. Aktivitas fisik membantu Anda lebih baik, meningkatkan kesehatan keseluruhan, dan membuat Anda lebih kuat, membentuk figur yang lebih bagus. Fisik yang sehat akan lebih berkharisma jika juga didandani dengan pakaian atau riasan yang tepat (tapi jangan berlebihan). Semua perubahan fisik itu bisa memacu kepercayaan diri. Orang lain juga akan senang melihat penampilan fisik Anda yang lebih menarik.

Mencoba sesuatu yang baru

Cara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah menantang diri mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang belum pernah Anda lakukan atau alami sebelumnya. Ini latihan untuk skill mental Anda. Umumnya orang mudah takut akan hal-hal yang tidak mereka ketahui. Tapi, cara terbaik untuk menghadapinya adalah mengatasinya secara langsung.

Misalnya, pindah ke lingkungan yang benar-benar baru sehingga mau-tak-mau Anda harus mempelajari keterampilan baru. Setelah mencoba sesuatu yang baru dan berhasil, maka Anda akan merasakan peningkatan kepercayaan diri. Kalau toh tidak terlalu berhasil, Anda bisa merasakan lonjakan keyakinan karena sudah berani mencoba dan tidak membiarkan rasa takut mematahkan hal yang terbaik dari Anda. Meninggalkan zona nyaman memang menakutkan, tetapi itu juga menantang dan dapat memperluas wawasan dan skill Anda.

Cari jaringan dukungan positif

Bergaullah dengan orang-orang yang positif sehingga Anda tertular kepositifannya. Jika ada teman atau kolega yang negatif dan cenderung mengerdilkan Anda, batasi saja hubungan dan waktu dengan mereka. Luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang mendukung Anda. Manfaatkan koneksi dengan individu yang positif dan membantu mengangkat Anda, daripada dengan individu yang negatif dan meruntuhkan Anda.

Kenali prestasi Anda

Kalau sudah terlanjur terjebak ke dalam lingkaran orang-orang negatif, dongkrak kepercayaan diri Anda dengan prestasi yang bisa dibanggakan. Boleh prestasi besar, boleh juga sesuatu yang kecil namun baik dan membanggakan. Tuliskan beberapa prestasi itu dan simpan. Setiap kali Anda merasa takut atau cemas akibat tekanan negativitas, maka bacalah daftar prestasi yang Anda tulis itu. Catatan ini menjadi cara cepat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengingatkan Anda tentang seberapa hebat Anda sebenarnya.

 

Penulis adalah:

  • Praktisi media dan trainer motivasional
  • Bisa dihubungi di cilukbha@gmail.com, Facebook.com/teguh.w.utomo, Instagram.com@teguh_w_utomo

Facebook Comments

POST A COMMENT.