Soto + Krim Susu = Soto Banjar

MEPNews.id – Bepergianlah ke berbagai penjuru Indonesia, maka Anda bisa menemukan soto di mana saja. Namanya antara lain soto, coto, saoto, sroto, dan yang mirip-mirip. Nama belakang soto biasanya juga untuk menunjukkan bahannya atau kekhasan daerah. Ada juga soto daerah tertentu yang menginvasi daerah lain, misalnya Soto Lamongan di Papua Barat atau saoto di negeri jauh Suriname.

Soal kekhasan soto daerah, salah satu yang unik adalah Soto Banjar. Kalau dilihat namanya, tentu ini soto khas etnik Banjar. Ya, konon soto ini memang mulai berkembang di kalangan orang-orang Banjar di Kalimantan Selatan dan Banjarmasin khususnya. Namun, Anda bisa jumpai Soto Banjar di berbagai kota besar di Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan banyak lagi.

Lalu, apa yang khas dari Soto Banjar? Isinya, daging ayam suwir-suwir tak banyak beda dengan Soto Kudus atau Soto Lamongan atau Soto Betawi, atau banyak soto lainnya. Penyertanya lontong, sama seperti Coto Makassar, Soto Padang, Soto Betawi, Sroto Sokaraja, dan lain-lain. Bumbunya, pada dasarnya sama dengan soto-soto lain namun dengan beberapa penguatan tersendiri.

Yang tidak sama sama dengan soto-soto yang lain, Soto Banjar aslinya berkuah lebih keruh putih karena mengandung susu krim. Ya, salah satu komponen kuah Soto Banjar adalah paduan encer antara susu dengan telor itik. Memang rasanya aneh, tapi justru ini yang menjadi khas Soto Banjar. Kuah telur ini memperkuat rasa sari rempah kapulaga, pala, kayu manis, dan cengkeh, tanpa kunyit.

soto banjar bang amat

Soto Banjar Bang Amat

Di Banjarmasin, salah satu tempat makan yang populer adalah Soto Banjar Bang Amat di jalan Banua Anyar No. 6. Lahannya luas, dengan bangunan tradisional dari kayu bercat hijau, dan membelakangi pemandangan Sungai Martapura. Sambil menikmati soto, orang bisa menyaksikan indahnya bentang alam perairan dan menikmati musik khas daerah.

Di sini, porsi lengkap soto dilengkapi potongan lontong, bihun, wortel, kubis, telur itik, bawang goreng, dan kuah. Sebagai pelengkap, ada juga sate ayam dengan bumbu kacang dan perkedel ubi atau kentang. Tak lupa, ada pendamping berupa kerupuk dan es kelapa muda. Pilihan lain untuk minum adalah es teh, es campur, dan es sirup.

Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, menyajikan ayam tidak dalam bentuk suwir-suwir. Di sini, ayam disajikan utuh di atas piring terpisah. Soto Bawah Jembatan, di Jalan Banua Anyar, ini tentu menyajikan pemandangan aliran Sungai Martapura. Di sini, bumbu kuahnya dipenuhi rempah dan taburan telur bebek.

Tanpa mengandung santan, Soto Banjar lebih nendang jika dikucuri jeruk nipis.

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.