Copot Sepatu Masuk Rumah Cegah Obesitas

MEPNews.id – Jangan takut disebut ‘ndeso’ karena copot sepatu. Menurut penelitian ilmiah, mencopot sepatu ketika memasuki rumah dapat membantu orang tetap langsing. Begitu juga dengan mengganti karpet dengan lantai kayu. Alasannya, dua tindakan itu bisa mencegah bahan kimia lingkungan terakumulasi di dalam rumah. Demikian dilaporkan Sarah Knapton di The Telegraph edisi 20 Mei 2018 tentang penelitian ilmiah yang dipresentasikan di European Society of Endocrinology di Barcelona.

Diyakini, produk sehari-hari yang mengandung ‘obesogen‘ bisa mengganggu hormon dan meningkatkan penumpukan lemak di tubuh. Maka, peneliti dari Universitas Aveiro dan Universitas Beira Interior di Portugal melaksanakan kaji ulang survei terkini dan studi tentang bahan kimia obesogenik untuk melihat di mana manusia paling mungkin bersentuhan. Mereka menemukan, sumber terbesar kontaminan obsogen pada manusia ada di diet, debu rumah, dan produk sehari-hari antara lain bahan kimia pembersih, peralatan dapur atau kosmetik.

Berdasarkan temuan itu, para peneliti membuat rekomendasi untuk meminimalisir penumpukan obesogens di rumah. Antara lain; pilih makanan segar, organik dan bebas-pestisida daripada makanan produk olahan terutama yang berisi daftar panjang bahan di bagian belakang bungkusnya, lepas sepatu ketika memasuki rumah untuk menghindari kontaminan di dalam ruangan, sedot debu sesering mungkin untuk menghentikan penumpukan bahan kimia dalam debu rumah, dan ganti karpet di tempat kerja atau di rumah dengan lantai kayu. Mereka menyarankan, beralihlah dari wadah plastik ke wadah kaca atau aluminium dan hindari produk pembersih sintetis.

Dr Ana Catarina Sousa, penulis utama laporan penelitian, berkata, “Ini memang langkah kecil untuk mencapai gaya hidup bebas obesogen, tetapi awal yang baik. Intinya, perhatikan diet Anda dan singkirkan debu di rumah. Orang dewasa tanpa sengaja mengkonsumsi sekitar 50mg debu kimiawi setiap hari, dan anak-anak dua kali lebih banyak. Jadi, menjaga kebersihan rumah adalah langkah sangat efektif. Gunakan kain lembab untuk menyeka perabotan, dan jangan gunakan produk pembersih yang mungkin justru mengandung lebih banyak bahan kimia obesogen.”

Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahan kimia pengganggu hormon ini memang ada dalam pestisida, plastik, pencegah kebakaran, pelapis peralatan dapur dan pakaian, hingga pemanis buatan.

Di Inggris, tingkat obesitas berlipat ganda selama dua dekade terakhir dan 63 persen orang dewasa dianggap kelebihan berat badan atau obesitas. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi dua pertiga pada 2025. Namun para ahli mengatakan, perlu lebih banyak bukti sebelum perubahan gaya hidup bisa direkomendasikan.

Prof Russell Viner, Presiden dari Royal College of Paediatrics and Child Health (RCPCH), mengatakan, “Untuk beberapa alasan medis, termasuk perlindungan terhadap alergi, memang disarankan untuk menjaga rumah agar bebas debu. Demikian juga dengan melepas sepatu agar tidak membawa kotoran dari luar. Tapi hal-hal ini tidak akan langsung membuat badan Anda jadi lebih ringan. Hanya diet seimbang dan olahraga teratur yang bisa.”

Dr. Peter Jenkinson, ahli toksikologi dan Direktur Pelaksana pada Consultancy for Environmental & Human Toxicology and Risk Assessment (CEHTRA) untuk Prancis dan Inggris, menambahkan, “Beberapa rekomendasi yang diberikan itu masuk akal. Tapi, bukan untuk menghindari obesitas. Tidak ada bukti yang diberikan dalam abstraksi ini yang menunjukkan bahwa menerapkan salah satu rekomendasi ini benar-benar bisa mengurangi obesitas.”

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.