Bu Rahmi, Ibunya Jamaah, Peneduh Hati

Catatan Parenting Umroh (13)

MEPNews.id — Memimpin rombongan, komunitas dan jamaah dalam 9 hari tetap semangat dalam ibadah, bukanlah hal mudah. Kecuali memimpin dalam kegembiraan tour dan belanja.

Untuk menjadikan semua tetap ingin berlama-lama di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram memerlukan motivasi, bahkan ajakan dan dorongan tanpa banyak teori kecuali dengan tauladan beribadah.

Itulah yang dilakukan bu Rahmi, Dirut Wardhana yang kali ini memimpin langsung perjalanan. Sosok pelindung, pembimbing ini, menjadi modal utama semua jamaah untuk tetap semangat.

IMG-20180516-WA0034 IMG-20180516-WA0037

“Bu Rahmilah yang mendorong kami terus ke Masjid. Bahkan bu Rahmi selalu siap menemani 3 hingga 4 orang bergantian untuk ke Raudah atau thowaf. Saya dan jamaah jadi semangat terus,” tegas Bu Rina Romadhan.

“Lihat wajahnya selalu senyum, menyapa dengam ceria, tak sempat menampakkan wajah lelah dan marah menghampiri dirinya, ” ungkap bu Neneng Wijoyo menggambarkan sosok bu Rahmi.

Kalau sarapan pagi, saat melihat wajah lelah para jamaah semalam di masjid hingga lepas Subuh, bu Rahmi selalu menyempatkan menyapa jamaah dari meja satu ke meja lain. Keberadaan dirinya seolah menjadi penyembuh kelelahan. Peneduh hati.

“Pokoknya top. Saya berterima kasih bunda Rahmi telah mengantar dan membimbing kami selama 9 hari dengan penuh keikhlasan,” komen Prof Suparto Wijoyo yang menjadi jamaah.

Hampir 100 persen peserta mengaku puas, bahkan kagum karena umroh parenting Wardhana ini penuh kekeluargaan. Bahkan mereka menyebut berkualitas.

“Tidak ada waktu kosong. Semua diisi dengan dialog dan penajaman ilmu dari muthowif dan pembimbing kami mas Yusron dan bu Rahmi,” tegas bunda Titik.

Kesempurnaan ibadah adalah Allah yang mengetahui, demikian juga hubungan batin antara pribadi dengan Maha Pengasih, Allah yang memberkahi.

Namun manusia harus berusaha memaksimalkan ibadahnya. Dan itulah kenapa diperlukan pembimbing yang penuh kesabaran.

Bu Rahmi adalah ibu yang dikirim menjadi sahabat dan pembimbing para jamaah.

Barokallah. ***

Catatan : Yusron Aminulloh
Penulis, Master Trainer MEP, penggerak literasi nasional dan sahabat para orangtua.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.