Si Ugly Duckling Ingin Kembali Percaya Diri

esti thumbnailOleh: Esti Diah Purwitasari

MEPNews.id – “Saya sudah kehilangan rasa percaya diri, karena saya rasa saya ini berwajah jelek kayak bebek. Tak ada yang mau mendekati saya, karena mereka memang tidak ingin atau tidak mau. Saya terpaksa bergaul dengan mereka yang menyukai saya meski saya tidak suka-suka amat pada mereka. Saya susah terbuka pada orang, karena saya pikir mereka akan berkata ‘Ya, sudah lah. Itu nasibmu.’ Saya bingung, mau bagaimana lagi?”

Begitu kira-kira kasus curhat seorang siswi SMA. Kalau dilihat penampilannya, ia tampak tidak berada di dasar (atau di puncak) tangga kecantikan. Tapi, di dalam benaknya sudah terbentuk mental negatif tentang dirinya sendiri. Hanya karena kondisi wajah, ia kurang menghargai diri sendiri. Ini membuatnya kurang percaya diri kronis. Maka, saya memberinya beberapa resep mental untuk bertindak dan berpikir secara berbeda agar ia merasa lebih menarik.

Tapi, apa yang sebenarnya membuat seseorang menjadi menarik?

Ya, kecantikan. Tapi itu hanya bagian kecil. Bagian yang lain juga termasuk: fungsi keberadaannya di suatu tempat, kepribadian yang baik, tingkah laku yang beradab, senyuman yang menawan, selera humor, dan lain-lain.

Sangat mudah melihat bahwa harga diri yang rendah dapat membuat orang menjadi kurang percaya diri. Orang mungkin menyembunyikan senyuman dan humor di balik kecanggungannya. Ketika mengenal lebih dalam, orang akan mudah merasakan betapa ia bisa mengeluarkan pesona dan keindahan yang berasal dari hati dan fikiran yang positif.

Pertanyaan berikutnya, mengapa ada orang yang merasa tidak menarik? Ada banyak alasan, bergantung pada kondisi masing-masing.

Misalnya, pernah dikritik atau dicela orang lain yang sangat mengena sehingga mengguncang harga diri dan berfikiran negatif. Nah, negativitas batin yang konstan ini dapat menyebabkan orang merasa lebih rendah dan tidak menarik. Kondisi ini lalu membuat ia jadi menarik diri sehingga menjadi kurang diperhatikan orang-orang lain. Akibatnya, daya tarik dia jadi lebih tersembunyikan daripada tersorot.

Lalu, bagaimana untuk membangkitkan mental positif dan kembali merasa jadi menarik?

Sesuai kondisi masing-masing, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu membangkitkan harga diri dan merasa jadi lebih menarik:

  • Lakukan olahraga, bergabung dengan pusat kebugaran, atau olahraga sendiri. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Saat tubuh terbentuk lebih bagus, kepercayaan diri lebih mudah muncul. Wajah buruk? Ah, itu urusan nomor sekian.
  • Sering senyum. Dengan tersenyum, otak merangsang seluruh tubuh untuk merasa lebih baik dan lebih nyaman. Di lain pihak, orang-orang lain akan menanggapi dengan cara lebih positif. Minimal, senyuman akan dibalas dengan senyjman. Jika beruntung, akan dapat bonus pujian yang bisa membuat mental jadi lebih positif.
  • Pelihara tubuh. Jaga agar tubuh bersih dan terawat dengan baik. Jagalah kulit termasuk wajah, sehingga lebih bersinar. Pancaran kulit ini membuat orang lain akan memperhatikan.
  • Ringankan suasana. Buatlah lelucon, bangkitkan tawa, manfaatkan humor yang menarik. Orang-orang lain akan terhibur, dan tertarik.
  • Saat sendirian, berbicaralah secara positif pada diri sendiri. Meski wajah jelek, pujilah gigi yang sehat, putih dan bersih. Meski perut berlemak, yakinkan bahwa lemah itu bermanfaat untuk bertahan hidup. Meski penampilan tidak menarik, yakinkan bahwa kata-kata yang keluar dari mulut bisa bermanfaat dan menyejukkan hati orang lain.
  • Jika perlu, kenakan sesuatu yang bagus untuk membuat diri terlihat lebih baik. Kenakan sesuatu yang akan membuat tampil lebih percaya diri. Tapi, jangan berlebihan.

Facebook Comments

POST A COMMENT.