Ta’dib SMK Global, Digelar Kembali untuk Mencari Kembali Keutuhan Manusia

MEPNews.id — SMK GLobal kembali menyelenggarakan Ta’dib bagi siswanya. Dengan tema utama :Mencari Kembali Keutuhan Manusia, acara ini diadakan sebulan dua kali dengan peserta bergantian bagi siswa SMK Global.

“Untuk angkatan kedua ini diadakan 12 dan 13 Mei. Pesertanya 123 siswa dan 7 Guru pendamping. Kami juga menghadirkan 2 narasumber Utadz Syaifullah dan Ustd Alfan Firdaus alumnus Gontor,” tegas Irwan sang Kepala Sekolah.

Dimulai dengan tadarus, latihan identifikasi kemampuan membaca Al quran yang dikelompokkan menjadi tiga.

IMG-20180512-WA0133 IMG-20180512-WA0073

” Kelompok 1. lancar, 2. Setengah lancar, 3. Belum lancar. Setiap siswa diberikan kesempatan memilih kelompok mana saja yang sesuai dengan kemampuan membaca sesuai identifikasi diri masing-masing, ” tambah Irwan.

Sesi kedua pengembangan bahasa dengan mengambil kosa kata dari ayat-ayat alquran.
Sedangkan Sesi ketiga identifikasi diri mengenal lebih jauh personalitas.

“Dirangsang dengan pertanyaan-pertanyaan siapa bapak ibumu?, apa yang membuat anda bahagia?, kegiatan apa yang paling disenangi?, kegiatan apa yang paling tidak disenangi? Dan ragam pertanyaan lainnya.”

Ta’dib selalu mengajak anak siswa SMK Global untuk menemukan dirinya. Mereka tidak diceramahi, justru dikosongkan untuk mengisi sendiri apa yang mereka butuhkan.

IMG-20180512-WA0118 IMG-20180512-WA0125

“Narasumber dan guru mendampingi. Bukan mengajari. Dulu Ta’dib diasuh langsung Ust A.Fuad Efendi, dan Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) dan dipandu Yusron Aminulloh. Tapi kali ini langsung ditangani para pengasuh Ta”dib dan para guru.” Tegas Irwan alumnus UN Malang ini (Anang)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.