Mencari Ilmu dari Orang yang Tidak Berilmu

Mencari Ilmu dari Orang yang Tidak Berilmu, Bersumber Keikhlasan Bu Sutiyah dan Bu Muslimah

Catatan Parenting Umroh (8)

MEPNews.id —- Diantara 23 jamaah Umroh Parenting Wardhana Surabaya yang diantar dan dijemput puluhan anggota keluarga adalah Bu Sutiyah dan Bu Muslimah asal Arosbaya Bangkalan, Madura.

” Alhamdulillah saudara saya bisa Umroh, kami bahagia sekali bisa mengantar,” tegas seorang ibu yang mengantar bu Sutiyah.

Guyup dan kebersamaan itu memang ciri khas warga Madura. Maka kebahagiaan Bu Sutiyah dan Bu Muslimah, adalah kebahagiaan mereka semua, baik saudara, tetangga atau sesama pedagang pasar.

Yang menarik, Bu Sutiyah, ternyata tidak memahami bahasa lain selain Madura. Sehingga ada kekhawatiran tentang komunikasi. Tetapi karena keikhlasannya, Bu Sutiyah mampu memahami setiap panduan.

IMG-20180511-WA0017 IMG-20180511-WA0019

“Alhamdulillah beberapa jamaah lain yang berasal dari Jember dan Surabaya memahami bahasa Madura sehingga bisa membantu apabila bu Sutiyah tidak paham. Tapi selama ibadah beliau memahami semua arahan Muthowif yang mahasiswa asal Lombok NTB, ” tegas Rahmi Aprilawati, Dirut Wardhana yang juga memandu jamaah secara langsung.

Keikhlasan Bu Sutiyah dan Bu Muslimah adalah salah satu modal bagi rombongan ini lancar dalam perjalanan dan ibadah. Dua jamaah ini selalu setia mengikuti semua ibadah. Dan tiada hari tanpa ibadah.

Catatan saya tentang dua jamaah ini ada tiga:

Pertama, Selain keluguan, keikhlasan dan kebersahajaannya, beliau berdua tidak banyak mengenal dunia. Dalam bahasa modern “gak kebanyakan dosa” karena hidupnya hanyalah mengalir dalam keseharian. Kita doakan setelah umroh, ibadahnya semakin meningkat.

Kedua, bagi orang kota yang kebanyakan keinginan, makan mewah, hidup mewah, suka acara tv, bebas membuka internet, masih ada peluang hidup bersentuhan dengan ghibah bahkan dekat dengan halal haram minimal subhat. Maka, kemungkinan doa kita terhambat adalah sangat mungkin. Beda dengan dua ibu lugu ini.

Ketiga, perpaduan orang kota, modern, terpelajar hingga yang tidak sekolah dalam perjalanan Umroh Wardhana ini memberikan pelajaran betapa ilmu tidak hanya terletak pada orang yang berilmu. Orang yang berilmu sering mendapatkan ilmu dari orang yang tidak berilmu. Sebuah kenyataan dan keindahan dari ayat ayat Allah dialam semesta. ***

Catatan : Yusron Aminulloh
Penulis, Master Trainer MEP, penggerak literasi nasional dan sahabat para orangtua.

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.