Merasa Lelah? Makanan Ini Bisa Dongkrak Energi

MEPNews.id – Merasa lemas di tempat kerja? Hampir tidak bisa menjaga mata terbuka di siang hari? Mungkin diet Anda butuh beberapa perubahan untuk membantu melawan keletihan konstan. Daripada menambah secangkir kopi lagi, berikut ini saran dari Sadhana Bharanidharan di Medical Daily edisi 10 Mei 2018 tentang makanan bisa yang menghapus kelelahan dan mendongkrak energi.

  1. Lemon

lemon kecil copyKalau sudah tidak punya pilihan selain kopi pagi untuk memberi dorongan energi, segelas air lemon patut dicoba. Jus dari satu buah lemon dapat memberikan 40% kebutuhan harian vitamin C meski asupan kalorinya relatif rendah. Menambahkan lemon ke dalam diet dapat meningkatkan metabolisme, mencegah lonjakan insulin, dan menyediakan cukup kalium untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf.

 

  1. Kacang-kacangan

nutsUntuk sumber serat terbaik, tampaknya kacang-kacangan dari pohon (kacang mete, walnut, dll) maupun dari polong (kacang tanah, kacang hijau dll) paling jagoan. Sumber nutrisi ini dapat memberi energi jangka panjang tanpa redup. Itu karena banyaknya kualitas penstabil gula darah. Khusus untuk kaum vegetarian dan vegan, kacang-kacangan dapat menjadi sumber alternatif protein yang biasanya dari daging merah. Makan segenggam kacang-kacangan setiap hari bisa memberi nutrisi dan energi yang dibutuhkan.

 

  1. Bayam

bayamZat besi membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Jika makanan kurang zat besi, akibatnya oksigen tidak lancar terangkut sehingga Anda merasa sering kelelahan. Sayuran berdaun hijau menjadi salah satu makanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan zat besi dengan cepat. Nah, bayam kaya zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung magnesium –mineral penting untuk proses nergy tubuh.

 

  1. Telur

telurAda banyak manfaat telur. Penelitian pada 2009 mengisyaratkan telur sebagai ‘makanan berharga’ bagi orang yang menjalani pelatihan ketahanan dan membutuhkan energi ekstra sebesar mungkin. Telur menyediakan asam amino esensial yang dapat meningkatkan cara otot menggunakan glukosa. Telur juga sumber zat besi, protein, antioksidan, dan berbagai vitamin. Penelitian lebih baru menemukan, telur dapat dikonsumsi dengan aman bahkan oleh penderita diabetes tanpa meningkatkan risiko kardiovaskular.

 

  1. Oatmeal

oatmealSarapan yang memadukan jumlah protein dan karbohidrat tepat dapat membuat Anda bersemangat dan siap sepanjang hari. Maka, oat menjadi pilihan tepat untuk memulai hari. “Oatmeal adalah salah satu makanan dengan jumlah serat larut paling tinggi. Serat larut akan tetap di perut selama berjam-jam, yang berarti Anda memiliki energi berkelanjutan untuk jangka waktu lama,” kata Andy Bellatti, ahli gizi dari Las Vegas.

 

  1. Cokelat

cokelatSejumlah penelitian menunjukkan cokelat berwarna gelap adalah sumber antioksidan, bisa meningkatkan suasana hati serta kewaspadaan. Reader’s Digest merekomendasikan satu batang cokelat hitam sebagai makanan penutup yang bisa meningkatkan energi sempurna dengan tetap dalam posisi aman untuk asupan kalori. Pilihlah cokelat hitam yang mengandung konsentrasi kakao tinggi (minimal, 70 persen kakao) untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Facebook Comments

POST A COMMENT.