Doa Ya Latif Bu Neneng, untuk Dirinya

Catatan Parenting Umroh (7)

MEPNews.id —- Saat thawaf, tiba tiba saya berjalan dekat dengan seorang ibu. Ia terlihat khusu’ berdoa. Abaikan desakan jamaah lain dari berbagai negara yang sedang rebutan mendekat Ka’bah.

“Pas saya baca Ya Latiif, saya ketemu Bani Latif,” Sapanya. Maksudnya, yang disapa adalah keluarga Bani Latief.

“Melembutkan hati siapa ?” Tanya saya.

Tanpa bicara, ia memberi tanda dengan telunjuknya pada dirinya sendiri.

Itulah dialog dalam doa Bunda Neneng Wijoyo, dengan saya.

Istri Dr Suparto Wjoyo, dosen Unair dan ibunda Andun ini memang sekeluarga berangkat Umroh bersama Wardhana Tour Travel.

Dengan doa yang menyebut salah satu asma Allah itu, Neneng tampaknya meminta kepada Allah agar hatinya semakin lembut.

Sebagai istri si zaman modern sudah pasti ia pernah marah pada suami, sebuah kewajaran dan manusiawi. Tapi menuju istri sholehah, ia berharap Allah melembutkan hatinya. Dengan cara itu, kemarahan ada remnya, sikap keras menjadi semakin lembut.

Sebagai seorang ibu, Neneng juga memohon kepada Allah menjadi ibu yang semakin sabar.
Semakin luas dadanya, pemaaf pada ananda.

Andun, sebagai anak yang kadang menyenangkan, membahagiakan dan adalah wajar sesekali menjengkelkan karena ulah anak yang membantah dan tidak taat ibunya. Tapi itula dinamika pendidikan, seluk beluk parenting. Maka doa adalah salah satu jawaban.

Selama Umroh berlangsung, bu Neneng termasuk aktivis ibadah dengan bu Rahmi sang pembimbing. Tiada jam tanpa ke masjid. Apalagi ia agak “bebas” sedikit karena ananda Andun ke masjid dengan ayahnya.

Usai Umroh, tampak aura kebahagiaan, bahkan keteduhan. Ia merasa kali ini beda dengan yang pernah ia lakukan sebelumnya.

“Dihati pas. Dibimbing dengan sabar. Dimotivasi dengan baik, itu yang membuat saya menemukan sesuatu yang pas dihati. Makasih Wardhana, makasih Bunda Rahmi,” tegas Neneng sambil berkaca kaca. **

Catatan : Yusron Aminulloh
Penulis, Master Trainer MEP, penggerak literasi nasional dan sahabat para orangtua.

Facebook Comments

POST A COMMENT.