Pegiat Literasi Lebih Kreatif dan Inovatif

MEPNews.id — Selasa (8/5) malam, halaman rumah ibu Rini ketua TBM Harapan Yogyakarta terlihat ramai. Malam itu merupakan malam penutupan Workshop Pengembangan Kampung Literasi yang telah dilaksanakan mulai tanggal 5-9 Mei. Sebanyak 36 peserta perwakilan dari setiap TBM di Indonesia bertemu, belajar, dan berbagi ilmu bersama.

Acara terlebih dahulu dibuka dengan rangkaian tari dan nyanyian dari adik-adik didik binaan TBM Harapan. Melihat tingkah lucu mereka, rasa lelah dari peserta seakan hilang. Tepuk tangan dari peserta dan masyarakat sekitar yang hadir menjadi kebanggan tersendiri bagi adik-adik.

Ibu Rini selaku tuan rumah workshop mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada peserta yang telah mengikuti rangkaian acara dan agenda selama 4 hari.

“Saya sangat berterimakasih sebesar-besarnya, dan minta maaf jika selama kegiatan workshop ada hal-hal yang tidak berkenan di hati peserta sekalian”, ujarnya.

Sementara itu, bapak Kastum selaku Kasubdid Pendidikan Keaksaraan dan Pengembangan
budaya baca Kemendikbud menyampaikan bahwa Workshop Pengembangan Kampung Literasi selama 4 hari ini adalah acara pertama kalinya yang diselenggarakan di Indonesia. Yang dimana, sebelumnya hanya kegiatan pengembangan Taman Bacaan Masyarakat saja. Diharapkan output dari acara ini terus berkelanjutan, pegiat literasi lebih kreatif dan inovatif.

“Kami selaku pengembangan budaya baca Kemendikbud akan siap memfasilitasi. Ini langkah positif untuk kedepan. Untuk itu, kami dari perwakilan Kemendikbud akan menyelenggarakan Event Festival Literasi Nasional yang pesertanya seluruh peserta dari TBM yang ada di Indonesia. Kegiatan akan diselenggarakan di Deli serdang-Sumut”.

“Tentu ada proses seleksi dari Kemendikbud, seperti dipilih pegiat-pegiat literasi yang kreatif, TBM yang penuh inovasi, atau PKBM (pusat kegiatan belajar maayarakat) yang aktif. Siapkan diri anda sekarang, kuatkan TBM anda, tidak menutup kemungkinan kita akan bertemu kembali di Deli serdang”, tambahnya ketika menutup kegiatan workshop.
Malam semakin larut. Cahaya harapan, semangat baru dari seluruh peserta akan menjadi energi dan bersinergi sehingga ilmu yang di dapat selama mengikuti workshop dapat dikembangkan ketika kembali ke daerah TBM masing-masing. Semoga.

Sampai jumpa para para relawan literasi. Sukses. Salam literasi. **

Awan, Penggerak Literasi Jawa Timur

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.