Tetap Percaya Diri Meski Jerawatan

MEPNews.id – “Kamu dulu pernah cantik sampai wajahmu berjerawat.” Komen itu muncul di medsos. Itu membuat semua fikiran positif tentang diri sendiri jadi sirna. Orang jadi benci melihat wajahnya sendiri di cermin. Orang jadi paranoid banyak menggunjing dan kasak-kusuk di balik punggungnya.

Ya, jerawat bisa menjadi masalah serius terutama bagi remaja yang mentalnya masih goyah. Jerawat, dan bekas jerawat, bisa membuat orang kehilangan rasa percaya diri. Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, “Bekas jerawat bisa terkait dengan harga diri, depresi, kecemasan, perubahan interaksi sosial, perubahan citra tubuh, malu, marah, bahkan penurunan prestasi akademik dan kehilangan pekerjaan.”

Tapi, jika Anda berjerawat, jangan biarkan jerawat menghancurkan kepercayaan diri Anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan harga diri dan rasa percaya diri.

  1. Satu atau dua jerawat bukan berarti kiamat.

Jika satu jerawat kecil saja membuat Anda bersembunyi dari dunia, maka bayangkan nasib mereka-mereka yang banyak jerawat. Tentu saja ada banyak orang yang percaya diri, yang tidak membiarkan kondisi kulit menghentikan mereka untuk beraktivitas biasa. tirulah mereka-mereka yang percaya diri. Jangan biarkan jadi korban harga diri rendah.

  1. Bicaralah dengan orang yang banyak jerawat

Kalau cuma membandingkan diri dengan teman yang kulit wajahnya bercahaya dan bebas noda, itu bisa lebih menyakitkan hati. Paling banter, Anda hanya mendapat tips tentang cara memerangi kondisi kulit Anda yang belum pasti cocok. Jadi, lebih baik berbicaralah dengan orang lain yang kondisi jerawatnya lebih parah. Setelah mendengarkan cerita para korban jerawat ini, Anda akan lebih berbesar hati. Anda akan menyadari bahwa Anda tidak sendiri. Ini penting untuk membangkitkan kepercayaan diri. Bonusnya, Anda akan mengetahui apa yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah. Ada cerita-cerita yang akan memberi Anda keberanian untuk mengatasi masalah Anda sendiri.

  1. Gunakan waktu untuk yang Anda nikmati

Menyamarkan tanda jerawat, lalu menghindari bersosialisasi, bisa malah bikin stres. Saat berusaha menghindarkan pandangan orang-orang ke wajah Anda, pada akhirnya Anda sendiri kehilangan beberapa momen atau peluang besar saat menjalani waktu. Ini bisa mengarah ke buang-buang waktu, kebencian pada diri sendiri dan meragukan diri sendiri. Nah, kondisi ini tentu bukan hal terbaik di dunia. Tidakkah Anda perlu membangkitkan kembali spirit? Maka, abaikan saja perasaan dipandangi orang lain karena jerawat. Mulailah mengisi waktu dengan menjalani hal-hal yang Anda sukai. Ini membuat Anda menginvestasikan lebih banyak waktu pada apa-apa yang Anda sukai daripada membiarkan diri dikurung ribuan pikiran negatif akibat jerawatan.

  1. Jangan berlebihan menganalisis diri

Berapa jam yang Anda habiskan di depan cermin untuk mengkritisi setiap jerawat di wajah? Berjam-jam, Anda bilang? Hah. Hentikan itu! Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk mencari hal-hal negatif, Anda akan merasa semakin buruk tentang diri sendiri sehingga Anda bisa semakin menjadi depresi. Berhentilah hidup di depan cermin. Bahkan, ketika Anda harus melihat cermin, jangan hanya melihat jerawatnya, tapi cobalah mengatakan beberapa kata atau kalimat yang bagus untuk diri sendiri. “Hmm… Alhamdulillah hidungku bentuknya bagus.” Ini memberi perasaan lebih positif.

  1. Berpakaian yang baik, karena Anda bukan hanya wajah Anda.

Anda mungkin merasa orang yang Anda temui hanya memperhatikan wajah Anda. Itu tidak 100% benar. Jujur saja, ketika Anda bertemu orang baru, berapa banyak waktu yang Anda investasikan untuk mempelajari detail rumit wajah mereka? Tidak banyak. Anda mungkin memperhatikan satu atau dua, dan kemudian Anda melupakannya. Hal yang sama terjadi ketika orang-orang bertemu dengan Anda. Jadi, daripada menyembunyikan diri karena wajah berjerawat, lebih baik berpakaianlah dengan baik. Kenakan pakaian favorit. Jadikan diri Anda menawan. Maka, Anda akan menyadari bahwa orang-orang tidak terlalu dan selalu memperhatikan jerawat Anda.

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.