UPN Veteran Jatim Gelar Korean Culture Day

MEPNews.id – Ingin mengenal Bahasa dan budaya Korea lebih dalam? Tak usah jauh-jauh. King Sejong Institute Surabaya (KSI) bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menggelar Korean Culture Day. Kegiatan ini akan dilaksanakan 27 April 2018 pukul 12.30-15.30 di kampus UPN Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya.

Korean Culture Day bertujuan memperkenalkan bahasa dan budaya Korea kepada masyarakat Indonesia, terutama di kalangan mahasiswa melalui kerjasama sama dengan universitas-universitas di Surabaya. “Untuk acara Campus Tour 1, KSI Surabaya bekerja sama dengan Program Studi Hubungan Internasional UPN Veteran Jatim,” demikian rilis pers yang dikirim panita pada MEPNews 25 April 2018.

Sebagai mitra KSI, Program Studi Hubungan Internasional menjadi pihak yang membentuk kepanitiaan acara. Kepanitiaan beranggotakan 35 orang dari Program Studi Hubungan Internasional UPN, ditambah tim dari KSI yang terdiri atas 7 orang part-time worker dan 4 staf. Dekorasi acara Korean Culture Day menggunakan vendor dari KSI.

Kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa dan umum. Dalam rangkaian kegiatan, akan disediakan beberapa booth dan stage-center.

Booth Korean Food memberikan pengenalan dan pembagian makanan Korea antara lain Tokbokki, Bulgogi, Jabchae, dan lain sebagainya. Booth Korean Calligraphy memberikan pengenalan budaya menulis dengan kuas tradisional Korea menggunakan media Kipas Korea. Booth Permainan Tradisional Korea memberikan pengenalan permainan antara lain Gulleongswe (굴렁쇠 ), Jegijagi (제기차기), Tuho (투호), Dakji (딱지치기) dan lain sebagainya. Kemudian Photobooth, menjadi booth pengenalan pakaian tradisional Korea (Hanbok) dan spot foto.

Stage-center menampilkan beberapa penampilan seperti Taekwondo, K-Pop Dance dan lain sebagainya termasuk kuis mengenai kebudayaan Korea.

Di acara ini, peserta akan diberi Stamp Card berisi keterangan tiap-tiap booth yang tersedia. Setiap peserta kemudian dipersilahkan mendatangi booth yang ada dan mengikuti kegiatan masing-masing. Setelah melakukan kegiatan, peserta diberikan cap yang menyatakan telah menyelesaikan kegiatan di booth tersebut. Apabila dapat mengumpulkan cap dari semua booth (kecuali stage-center), peserta berhak memperoleh hadiah. Akan diambil 200 orang peserta pertama yang memperoleh cap dari semua booth yang akan diberikan hadiah.

Korean Culture Day ini merupakan bentuk pengenalan kebudayaan Korea seiring semakin meningkatnya minat terhadap segala sesuatu mengenai negeri itu. Dengan dilangsungkannya acara ini, diharapkan kebudayaan Korea dapat dikenalkan dengan baik kepada masyarakat, terutama di Surabaya dan sekitarnya. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.