Genggaman Kuat Pertanda Otak yang Sehat

MEPNews.id – Genggaman yang kuat adalah tanda sederhana bahwa otak Anda sehat, demikian temuan penelitian baru yang diulas PsyBlog edisi 24 April 2018.

Studi terhadap data dari 475.397 orang di Inggris ini menemukan, orang-orang yang lebih kuat –yang diukur dengan kekuatan genggaman– berperforma lebih baik pada tes kecepatan reaksi, memori, dan pemecahan masalah secara logis. Kondisi itu ditemukan pada tua maupun muda.

Dr Joseph Firth, pakar psikologi klinis, psikologi kesehatan, psikosomatik dari Universitas Western Sydney, Australia, yang menjadi penulis utama studi ini, mengatakan, “Ketika mempertimbangkan banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan dan pendidikan, penelitian kami menegaskan bahwa orang-orang yang lebih kuat memang cenderung memiliki otak yang berfungsi lebih baik. ”

Hubungan antara kekuatan dan kesehatan otak menunjukkan, latihan beban dapat bermanfaat bagi otak.

Dr Firth berkata, “Kami dapat melihat ada hubungan jelas antara kekuatan otot dan kesehatan otak. Meski demikian, kami butuh lebih banyak studi untuk menguji apakah kita benar-benar dapat membuat otak lebih sehat dengan cara melakukan hal-hal yang membuat otot kita lebih kuat. Antara lain latihan beban.”

Diketahui bahwa aerobik bisa meningkatkan kesehatan otak. Tapi, efek latihan beban terhadap otak belum sepenuhnya diselidiki.

Menurut Dr Firth: “Intervensi baru semacam ini, antara lain latihan beban, bisa sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan mental tertentu. Penelitian kami menunjukkan hubungan antara kekuatan otot dan fungsi otak juga ada pada orang yang mengalami skizofrenia, depresi berat dan gangguan bipolar. Semuanya dapat mengganggu fungsi otak. Hasil penelitian kami meningkatkan kemungkinan bahwa latihan beban dapat meningkatkan fungsi fisik dan mental orang-orang dengan kondisi ini.”

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.