Tidak Ada Peluang yang Tersisa di Hari Kemarin

Oleh : Kholifatur Rosyidah

MEPNews.id —- “Jika O itu melambangkan :opportunity alias peluang, maka tiada O pada yesterday, terdapat satu O pada today, dan terdapat tiga O pada tomorrow”-Ipho Dentosa dalam bukunya Moslem Millionare.

Tentu kita memahami artinya bukan? Meskipun dilihat dari susunan hurufnya, ternyata pernyataan tersebut ada benarnya. Tidak ada peluang di hari kemarin, hanya ada satu peluang di hari ini dan tiga peluang atau peluang yang lebih banyak di masa depan.

Berdasarkan makna tersirat dari pernyataan tersebut, kita harus belajar bahwa tidak bisa mengubah kembali sesuatu yang terjadi di masa lalu. Tidak ada gunanya kita bersedih atau berlarut dalam masa lalu. Karena kita tidak akan pernah memiliki peluang untuk mengubahnya. Sekeras apa pun usaha kita.

Bukankah ada pernyataan bahwa sesuatu yang paling jauh dari kita adalah masa lalu. Artinya sesuatu tersebut tidak bisa kita lalui lagi, jika bisa tentulah beda sensasinya. Contohnya saja, kita telah memecahkan gelas dan ingin memperbaikinya lagi. Sekeras apa pun usaha kita, tentu masih tersisa bekas pecah yang terlihat di gelas tersebut. Gelas tersebut tidak lagi sempurna seperti semula, di masa lalu.

Sebaliknya, hari ini kita hanya memiliki satu peluang untuk berjuang. Daripada menyesali masa lalu kita, lebih baik kita bekerja produktif untuk hari ini agar ke depannya peluang kita bisa berlipat ganda. Manfaatkan hari untuk melakukan kegiatan yang sekiranya bermanfaat.

Haduh, mungkin saya sendiri juga masih belum menerapkan ini secara maksimal, tetapi kita bisa memulainya bersama-sama. Buatlah empat kuadran kegiatan yang harus dilakukan. Kuadran pertama adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Kuadran kedua adalah sesuatu yang penting tapi tidak mendesak. Kuadran ketiga adalah sesuatu yang kurang penting tapi bisa dilakukan di waktu luang. Kuadran keempat adalah sesuatu yang tidak harus dilakukan. Saya mendapatkan ilmu ini dari beberapa channel Youtube, mungkin bisa diterapkan.

Jika kita memanfaatkan peluang hari ini secara maksimal, otomatis hari esok akan banyak peluang yang menanti kita. Kita akan terasah dengan produktivitas kita setiap hari dan percayalah kemampuan kita dalam melakukan hal yang produktif tentunya akan semakin meningkat.

Contohnya saya, ketika kita berlatih soal hari ini, besok juga berlatih soal dan terus seperti itu. Maka, kita akan terbiasa dengan soal-soal tersebut dan jika ada tes, peluang kita untuk menjawab dengan benar tentulah lebih besar daripada mereka yang tidak berlatih soal.

-artikel ini dibuat untuk mengintrospeksi diri saya sendiri yang terkadang belum bisa produktif dan mungkin bisa menjadi bahan koreksi bersama. Tetap semangat dalam melakukan kebaikan, meskipun keburukan selalu muncul. Karena kata teman saya, ketika kau menanam padi kau terkadang menemukan gulma di sawahmu tapi jika kau menanam gulma kau tidak akan mendapat padi.

*) Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Lamongan di semester akhir yang sedang deg-degan menunggu beberapa pengumuman PTN dan berjuang untuk masa depan. Email : krossyidah@gmail.com

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.