Resmikan Masjid KH Ahmad Dahlan dengan Salat Jumat

MEPNews.id – Pelaksanaan salat Jumat (13/4/2018) menandai mulai dibuka dan dioperasionalkannya masjid KH Ahmad Dahlan Gresik untuk masyarakat muslim secara umum. Kepastian ini disampaikan takmir masjid menyusul rampungnya tahapan pembangunan masjid yang berlokasi di Jl Raya Gresik-Lamongan di Desa Banjarsari, Kec. Cerme, Gresik ini.

Menariknya, H-1 peresmian pembukaan dan beroperasinya Ai??masjid yang didedikasikan oleh keluarga Bisri Ilyas (alm) ini telah menuai simpati publik. Tidak kurang jajaran Polres, Kamis (12/4/2018) akan mengerahkan personelnya untuk melakukan kerja bakti di area masjid, termasuk di halaman dan sekitar masjid yang masih perlu dirapikan.

“Ya, besok (Kamis, 12 April 2018, Red.) teman-teman dari jajaran Polres Gresik akan kerja bakti untuk bersih-bersih bagian-bagian yang perlu dirapikan,” kata Ketua Takmir Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik, Ustadz Anas Thohir, Rabu (11/4/2018).

Keterlibatan jajaran Polres Gresik dalam kerja bakti di masjid ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, bulan lalu Polres juga mengerahkan puluhan personelnya untuk kerja bakti, ketika masjid masih dalam tahap konstruksi.

“Alhamdulillah, masjid ini telah menjadi magnet atau daya tarik bagi hamba-hamba Allah untuk melakukan kebajikan,” ujar Ustadz Anas yang juga Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik ini.

Dikatakan, tidak ada serimonial khusus terkait dimulainya operasional masjid KH Ahmad Dahlan, Jumat (13/4/2018). Setelah berlangsung salat Jumat, pengurus atau takmir masjid dan jamaah hanya silaturrahim biasa. Selanjutnya masjid ini siap melayani masyarakat dalam menjalani ibadah, termasuk mengakomodasi jamaah yang membutuhkan ruang untuk prosesi khusus, misalnya resepsi pernikahan, seminar, Diklat, dan sebagainya.

Untuk pelaksanaan salat Jumat perdana di masjid ini, lanjut Ustadz Anas, yang akan bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ketua PDM Gresik Taufiqullah A. Ahmady. Masjid KH Ahmad Dahlan, setelah beroperasi dihibahkan oleh keluarga Bisri Ilyas kepada PDM Gresik untuk dikelola melayani umat.

Ia menambahkan, setelah masjid ini dibuka untuk umum, untuk kali pertama takmir menggelar tabligh akbar yang akan menghadirkan Ustadz Bachtiar Nashir sebagai penceramah, 29 April 2018. Tabligh akbar ini, kata Ustadz Anas, selain menandai rangkaian acara mulai dioperasionalkannya masjid, juga sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan tahun ini.

“Ke depan, kami juga akan melengkapi kawasan masjid ini dengan sarana kuliner, sehingga orang yang transit atau musafir bisa terpenuhi kebutuhannya,” katanya. (sto)

Facebook Comments

POST A COMMENT.