Asma Terkait Rapuh Tulang pada Anak Lelaki

MEPNews.id – Penelitian besar di Australia menemukan hubungan antara asma pada anak-anak dan kecenderungan patah tulang; dan pengaruhnya lebih besar terhadap anak laki-laki daripada anak perempuan. Padahal, satu dari tujuh anak menderita asma yang membatasi pernapasan dan dapat mematikan jika tidak ditangani dengan baik.

George Roberts untuk The World Today ABCNews edisi 4 April 2018 mengabarkan, studi ini dilakukan University of Melbourne di Australia terhadap lebih dari 16.000 siswa Victorian School. Ini adalah studi dengan responden terbesar dari jenisnya.

“Yang kami temukan adalah, tingkat keparahan asma terkait dengan rapuh tulang yang dikonfirmasi secara radiologis pada anak-anak. Patah tulang terkait asma lebih mungkin terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan,” kata Dr Sharon Brennan-Olsen, peneliti senior dari University of Melbourne.

Kenapa anak laki-laki?

Menurut temuan penelitian, ada sekitar 30 persen kemungkinan lebih besar peluang fraktur tulang pada anak laki-laki yang kena asma dibandingkan dengan anak perempuan yang kena asma.

Dr Brennan-Olsen menjelaskan, “Peningkatan tingkat patah tulang berhubungan dengan mineralisasi tulang yang agak tertinggal dalam masa pertumbuhan. Anak laki-laki cenderung patah tulang bukan hanya karena perilaku gaya hidup, tetapi juga karena memasuki masa pubertas lebih lambat daripada anak perempuan. Pada anak-anak, pematangan tulang terjadi hingga sekitar usia 20. Ini berarti, jika anak laki-laki menjadi matang lebih lamban, maka perkembangan tulang mereka jadi jauh kurang matang dibanding anak perempuan.”

Kabar baiknya, peningkatan patah tulang tidak ditemukan terkait dengan obat-obatan kortiko-steroid untuk preventif dan pereda asma. Jadi, sarannya adalah tetap berikan obat-obatan itu dan terus latihan fisik demi kekuatan tulang.

Tips Dr Brennan-Olsen agar tulang jadi lebih kuat;

  • Pastikan mendapatkan tiga hingga lima porsi kalsium per hari
  • Sering kena sinar matahari pagi untuk memastikan cukup vitamin D
  • Lakukan aktivitas fisik yang menekankan pada kekuatan tulang

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.