Agrotechnopark Universitas Jember Terima Kunjungan PAUD Hingga Perguruan Tinggi

MEPNews.id – Suasana AgroTechnopark Kampus Tegalboto Universitas Jember ramai dengan kedatangan rombongan berseragam warna orange-cream. Rombongan tersebut siswa-siswi SDIT Harapan Umat Jember. Kedatangan langsung disambut hangat Aristya Ayu Meda Salita, customer handling UPT Agrotechnopark, bersama tiga rekannya.

Sesaat setelah penyambutan, sebagaimana diwartakan situs resmi unej.ac.id 28 Maret 2016, 60 siswa beserta lima guru pendamping diajak melakukan kegiatan. Mereka berkeliling kebun yang berlokasi di hadapan Fakultas Teknologi Pertanian. Para siswa kelas 1 SD ini dikenalkan berbagai macam buah dan sayuran oleh pemandu Agrotechnopark.

“Kami ajak siswa mengelilingi kebun agro dan kami kenalkan beraneka buah-buahan dan sayuran. Misalnya, untuk memperkenalkan buah naga, langsung kami tunjukkan perbedaan yang buahnya putih dan yang merah. Kami juga kenalkan sayuran hidroponik dan konvensional. Itu agar siswa tahu sayur tidak hanya ditanam menggunakan media tanah namun bisa juga menggunakan media air,” ucap Ayu.

Setelah mengenalkan buah dan sayuran, kunjungan dilanjutkan dengan praktik menanam bibit bunga di green house yang sudah disiapkan khusus untuk menyambut kedatangan para siswa. “Kami ajak menanam bibit bunga lavender di green house. Kami pandu dan beri edukasi bagaimana menanam bibit dan menyiram yang baik untuk tanaman. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan agar para siswa tahu bagaimana menanam, tetapi juga tahu cara merawat. Nantinya bibit bunga lavender yang sudah ditanam boleh dibawa pulang,” tambah Aristya Ayu.

Aristya Ayu mengungkapkan, kunjungan semacam ini merupakan salah satu agenda rutin yang sesuai visi-misi Universitas Jember dalam pengabdian masyarakat. Kegiatan yang cukup sering dilakukan Agrotechnopark ini terbuka untuk siswa jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

“Agrotechnopark menerima minimal tiga kunjungan sebulan. Jika ramai, bisa sampai 10 kali dalam sebulan. Kami menerima kunjungan di Agrotechnopark Kampus Tegalboto maupun Agrotechnopark Jubung. Bedanya, Agrotechnopark Kampus isinya lebih lengkap. Agrotechnopark Jubung difokuskan untuk tanaman obat,” jelas Ayu.

Endah Yuniasih, salah satu guru kelas 1 SDIT Harapan Umat, mengaku kunjungan ini untuk menunjang kegiatan pembelajaran para siswa agar mengetahui langsung tanaman. “Senang sekali bisa berkunjung ke Agrotechnopark. Wahananya tertata sangat rapi dan bagus. Murid-murid sangat antusias ketika dikenalkan berbagai macam tanaman dan diajak menanam bibit,” cerita Endah.

Kunjungan edukasi di Agrotechnopark Universitas Jember tidak dikenakan biaya alias gratis.

Baca juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.