Berorganisasi Merangsang Daya Kreatifitas

khusnaOleh: Khusnatul Mawaddah

MEPNews.id – Menjalani aktivitas kehidupan tidak bisa lepas dari hubungan dengan orang lain. Itu karena kita memang makhluk sosial. Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam warna kulit dan model budaya sehingga menjadi keanekaragaman sifat yang menarik dalam hubungan antar manusia.

Untuk menciptakan hubungan yang intens dan produktif, alat paling efektif adalah dengan membentuk organisasi. Dalam organisasi ini tersusun struktur masing-masing kompetensi. Setelah tersusun struktur, bidang garap atau rencana project harus dibuat dan dilakukan oleh masing-masing personil. Dari sini, ada kompetisi antar bidang untuk menghidupkan dan menggerakkan organisasi.

Peran penting seorang leader organisasi untuk memotivasi dan menindaklanjuti bersama anggotanya memang membutuhkan target dan pengorbanan. Niat yang lurus dan hati ikhlas menjadi dasar dalam menjalankan organisasi. Itu karena ruh organisasi ada di masing-masing personil dalam berkomitmen.

Setelah terbentuk satu embrio organisasi, sangat mungkin akan berkembang anak cabang yang mengakomodir komunitas di cabangnya. Ada juga ajakan atau seruan untuk mengumpulkan pikiran dan tindakan yang didasari pengetahuan tentang pentingnya organisasi. Begitu juga di tingkat paling bawah; komunitas orang-orang-orang yang bertujuan sama untuk menjalankan organisasi.

Seperti sebuah lingkaran, jejaring yang kemudian saling menyambung antar desa, antar daerah, antar propinsi hingga antar negara bisa bermula dari sebuah organisasi. Pertukaran ide hingga budaya biasanya dilakukan dengan saling berkunjung, observasi, dan akhirnya saling memajukan daerah masing-masing.

Tentu, beroganisasi akan mengasah daya kreatifitas kita di jenjang usia sekolah, apalagi dewasa. Kemampuan sosialisasi, negosiasi, juga terlatih saat kita mengikuti organisasi. Persaudaraan dan ikatan saling menghargai juga menjadi penolong saat kita membutuhkan.

Maka, organisasi yang modern, bermartabat dan selalu menjunjung nilai-nilai moral lah yang patut menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi kehidupan kita.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.