Ketika Kelak Bisa Naik di Mobil Yang Jalan Sendiri, Anda Mungkin Tertidur

MEPNews.id – Teknologi transportasi berkembang pesat belakangan ini. Selain riset tentang mobil terbang, juga sedang dikembangkan konsep mobil yang bisa mengemudikan diri sendiri. Penumpang tinggal duduk dan memprogram ini dan itu, lalu biarkan mobil berjalan sendiri sampai ke tujuan.

Nah, apa yang akan kita lakukan ketika kelak kendaraan otonom melakukan semua kerja yang harusnya kita lakukan? David Nield, untuk ScienceAlert edisi 17 Maret 2018, mengamati video dari Waymo. Dari video itu bisa diprediksi, orang akan memeriksa telepon, selfie, lalu… tertidur lelap.

Waymo –perusahaan mobil-berjalan-sendiri yang lepas dari perusahaan induk Google pada 2016– sedang menguji mobil otonom itu di jalan-jalan di Arizona. Secara khusus, pengelolanya mengundang masyarakat untuk memberikan masukan pada teknologi baru ini.

Hasilnya, bagaimana? Seperti bisa dilihat di video, mobil percobaan itu tampak nyaman. Awalnya, orang terkagum-kagum karena kursi pengemudinya kosong. Lalu, sensasi terlalu nyaman dalam mobil tanpa sopir ini segera memberi sedikit kebosanan. Orang menguap dan bahkan tertidur cepat.

Uji coba mobil yang berjalan sendir tanpa sopir ini hanya boleh dilakukan di jalan umum yang telah ditentukan. Di Amerika Serikat, jenis tes ini hanya diperbolehkan di wilayah tertentu dan oleh perusahaan yang mendapat persetujuan khusus dari pemerintah setempat.

Waymo adalah salah satu perusahaan seperti itu. Armada mobilnya sekarang mengkover 25.000 mil per minggu. Kendaraan Waymo diuji di negara bagian; Washington, California, Arizona, Texas, Georgia, dan Michigan.

Tahun lalu, Waymo mendapat pijakan peraturan untuk mengambil langkah besar menuju masa depan. Waymo diberi lampu hijau untuk menjalankan mobil jalan sendiri tanpa sopir. Selama beberapa tahun, sistem keamanannya tidak melakukan apa-apa selain memantau kinerja mobil dan meyakinkan penumpang.

Sekarang, mobil-mobil itu cukup pintar untuk beroperasi tanpa jaring pengaman. Masyarakat di Phoenix, Arizona, dapat mengajukan diri menjajal Waymo, diantar dari satu tempat ke tempat lain dalam kendaraan yang bergerak sendiri.

Dari video di atas, penumpang bisa kembali ke kebiasaan lama dengan cukup cepat. Ada yang tertidur atau mengecek media sosial. Bahkan, ada beberapa penumpang mengucapkan ‘terima kasih, Mobil’ saat ia keluar. Ini menunjukkan penumpang merasa sangat santai dan nyaman dengan sistem perangkat lunak di kemudi.

Jadi kapan, mobil ini bisa didapatkan? Meski sangat mengesankan, namun teknologi di dalam mobil ini belum siap untuk saat ini. Masih ada pengujian di sebagian besar wilayah metropolitan dengan jalan lebar, rambu lalu lintas yang jelas, dan saat cuaca buruk.

Menyusuri jalan-jalan cerah di California tentu enak. Namun, menavigasi jalur tanah becek dalam badai salju adalah hal lain. Sampai mobil bisa mengatasi sendiri kondisi terburuk di jalan dan cuaca, mereka belum akan dilegalisasi.

Meski begitu, teknologi membuat kemajuan sedikit demi sedikit. Motor-motor yang diproduksi Tesla adalah contoh sempurna. Kendaraan ini dilengkapi sistem autopilot yang dapat menjaga mobil selalu di jalur yang benar dan dengan kecepatan konstan di jalan raya.

Sekali lagi, jalan utama sangat ideal untuk menerapkan teknologi ini. itu karena rambu-rambunya besar dan jelas, rute telah dipetakan dengan baik, dan putaran dan persimpangan seminimal mungkin.

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.