“Umi, Sangunya Ditambah Gih, untuk LAZISNU… “

Oleh Astatik Bestari

Mepnews.id – “Umi, nanti sangunya ditambah gih, untuk LAZISNU… ” pagi itu 1 Maret 2018 si bungsu yang duduk di kelas 4 MI Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang usai mandi pagi minta tambahan uang saku. Ini permintaan tambahan ‘sangu ‘ ( bahasa Jawa uang saku) yang kesekian kalinya kepada saya atau meminta kepada abinya untuk donasi yang akan disampaikan kepada LAZISNU di madrasahnya. Cuplikan percakapan si bungsu yang saya posting di salah satu WAG banom organisasi NU ( IKA PMII Jombang) ini mendapat tanggapan ketua PC LAZISNU Jombang Ahmad Zainudin dan menulis komentar begini:
” Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang sudah ter-SK sebagai JPZIS (Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah) LAZISNU Jombang, Jawa Timur. Program andalannya adalah Gerakan Siswa Manteb dimana siswa diajari untuk berbagi membantu kawan satu sekolah atau sekolah lain yang tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya”.

IMG-20180308-WA0025 IMG-20180308-WA0024

Beruntunglah orang tua murid yang madrasah dan sekolah anaknya mencanangkan donasi kemanusiaan yang disampaikan kepada lembaga yang kredibel.Terkadang untuk menumbuhkan semangat senang berbagi/sedekah itu datang pula dukungan dari pihak lain, tidak saja dari keluarga, atau sekolah tapi juga pihak lain seperti LAZISNU ini. Donasi yang dijadwalkan tiap hari Kamis di madrasah anak saya ini tentunya membuat orang tua murid akan menyediakan uang saku lebih pada hari tersebut. Secara tidak langsung hal ini akan membangun mind set pada diri orang tua dan anak untuk memperhatian kepentingan sesama dalam frame donasi kemanusiaan. Memberi materi pelajaran dalam teks-teks bacaan terkait sedekah dan nilai nilai kemanusiaan sudah sering diterima para murid, donasi LAZISNU ini adalah materi pelajaran yang kontestual yang langsung diamalkan dalam kehidupan anak didik dan orang tua murid. Semoga semua pihak yang terlibat dalam donasi ini dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan istiqomah. Tanggapan positif orang tua murid dengan mendukung rutin menyediakan uang saku tiap Kamis untuk anaknya dengan nominal uang yang tidak besar tetap bagian dari kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan madrasah sebagai JPZIS LAZISNU.

Saya mewakili warga Mojowarno, wali murid MI Darul Faizin mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya donasi kemanusiaan ini, membentuk hati ihlas bersodaqoh dan menanamkan kepekaan sosial pada diri anak sampai orang dewasa tidak semudah belajar materi pelajaran yang keberhasilannya terukur dari nilai ulangan harian dan ujian. Pembiasaan di madrasah memang tidak saja membaca nadhoman, hafalan surat-surat pendek, sholat jamaah dan lain sebagainya, namun juga menumbuhkan kepekaan sosial di antara mereka melalui aktif dalam menjalankan donasi kemanusiaan. Semoga senantiasa amanah.@@

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.