FK UGM Ganti Nama Jadi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan

MEPNews.id – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK). Pergantian nama disepakati pada sidang pleno di FK UGM pada Oktober 2017 dan diperkuat dengan persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM No.3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA No.4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM pada November 2017.

Dekan FKKMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., SpOG(K)., mengatakan perubahan nama tersebut dilatarbelakangi perkembangan ilmu yang semakin maju dan dilakukan sebagai cerminan multidisiplin dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. “Pergantian nama ini untuk mewadahi semua sivitas di FKKMK,” katanya, dalam konferensi pers, yang dikabarkan situs resmi ugm.ac.id 5 Maret 2018.

Ketua Senat FKKMK, Prof. dr. Mohammad Juffrie, Ph.D., Sp.A(K)., menyampaikan perubahan nama ini menjadi momentum penting dalam rencana strategis FKKMK terlebih dengan dinamisnya perkembangan ilmu. “Pada awalnya Ilmu Kedokteran, disusul masuknya Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, dan Keperawatan. Pergantian nama ini untuk mengakomodasi seluruh kegiatan akademik di dalamnya.”

Perubahan nama ini, kata Juffrie, tidak mudah dan harus melalui proses cukup panjang hingga akhirnya mencapai titik temu hingga disepakati nama FKKMK pada Oktober 2017.

Fakultas Kedokteran di UGM termasuk tertua di Indonesia karena didirikan pada 5 Maret 1946, seiring proses panjang dan tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Saat ini, FKKMK memiliki 32 departemen dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan dunia. (Humas UGM/Ika)

Facebook Comments

POST A COMMENT.