Bagaimana Mata Mencerminkan Kecerdasan?

MEPNews.id – Orang dengan pupil lebih besar memiliki kecerdasan lebih tinggi, dan perbedaan ini bisa terlihat dengan mata telanjang. Sejumlah penelitian sudah membuktikan hubungan antar ukuran pupil mata dengan tingkat kecerdasan.

Hasil penelitian Tsukahara, Harrison, dan Engle yang dipublikasikan jurnal Cognitive Psychology pada 2016, mengungkapkan ukuran pupil yang lebih besar mencerminkan kecerdasan fluida yang lebih tinggi dan kapasitas memori kerja yang lebih besar.

Pupil adalah bagian hitam di tengah mata. Bagian hitam ini melebar sebagai respons terhadap perubahan cahaya. Namun, para psikolog telah menemukan pupil juga bisa merespons aktivitas otak. Semakin cepat otak bekerja, semakin lebar pupilnya.

“Sejak 1960an, para psikolog mulai meyakini ukuran pupil berhubungan dengan lebih dari sekedar jumlah cahaya yang memasuki mata. Ukuran pupil juga mencerminkan proses mental internal. Misalnya, dalam tugas rentang memori sederhana, ukuran murid justru dengan tepat mencerminkan perubahan pada beban memori. Pupil bisa melebar dengan setiap item baru yang tersimpan dalam memori dan menyempit saat setiap item kemudian diingat kembali.”

Untuk penelitian ini, ukuran dasar pupil 40 orang diukur. Ukuran dasar pupil diukur saat seseorang duduk santai, dan tidak melakukan terlalu banyak hal. Hasilnya menunjukkan, setengah responden berada di kuartil teratas untuk kecerdasan dan separuh lainnya di kuartil terbawah.

Para peneliti menggambarkan, “Kami menunjukkan perbedaan besar pada ukuran dasar pupil, bahkan dengan pengamatan mata telanjang kami tanpa bantuan. Perbedaan itu ada di antara individu-individu berkemampuan kognitif tinggi dan rendah, yang terlibat dalam tugas yang menuntut secara kognitif dan tidak dapat dijelaskan oleh perbedaan usaha mental.”

Studi menemukan, ukuran pupil sebagian besar mencerminkan kecerdasan fluida yakni kemampuan untuk memecahkan masalah, menerapkan logika dan mengidentifikasi pola. Hal ini berbeda kontras dengan kecerdasan mengkristal yakni yang melibatkan penggunaan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman. (*)

Baca juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.