10 Health Hacks untuk Kurangi Risiko Kanker

MEPNews.id – Sudah bukan rahasia lagi cara-cara menjadikan hidup lebih sehat dan lebih mudah. Menghindari asap rokok, menjaga berat badan tetap, menghindari minuman keras, mengonsumsi makanan sehat, dan menjadi lebih aktif, adalah komponen penting dari gaya hidup sehat dan bisa mengurangi risiko kanker.

Tapi, terkadang kita butuh sedikit dorongan untuk membuat kita ke jalur yang benar. Nah, Sophia Lowes pakar dari Cancer Research UK pada 16 Februari 2018 memberi ‘health hacks‘ favorit untuk mengurangi risiko kanker.

  1. Mainkan minummu

Setelah bekerja berat dan berfikir keras, Anda sangat ingin minuman untuk membantu menyegarkan semuanya. Silakan banyak minum, tapi jangan minuman keras. Buat sendiri minuman ringan yang mewah. Ayo, bikin minumanmu!

  1. Kendalikan nafsu

Terkadang, saat benar-benar mengidam rokok, yang Anda butuhkan hanyalah gangguan untuk mengalihkan nafsu itu. Minum segelas besar air bisa membantu memadamkan hasrat merokok tersebut.

  1. Popcorn buatan sendiri

Popcorn buatan sendiri bisa menjadi makanan ringan berserat yang sehat. Memuatnya juga semudah meletakkan semangkuk kernel di microwave. Anda bisa menambahkan beberapa topping lezat, antara lain bubuk kakao atau campuran herbal. Jangan tambahi gula atau garam.

  1. Siap untuk bugar

Kebiasaan baik bisa diatur dengan isyarat. Letakkan peralatan olahraga pada malam hari untuk mengingatkan diri berolahraga besok. Isyarat semacam itu juga membuatnya mudah diambil.

  1. Ambil secukupnya

Kontrol karbohidrat dengan menimbang porsi nasi dan pasta. Hitung kadarnya agar Anda mengkonsumsi dalam jumlah tepat. Anda noleh pasang timbangan untuk mengingatkan Anda melakukan setiap saat.

  1. Bekukan sisa minuman

Setelah menikmati minuman anggur saat makan malam, masih ada sedikit tersisa di botol. Jangan meminumnya agar habis tak tersia-siakan. Bekukan saja di freezer untuk digunakan besok. Ini juga hemat energi buka botol.

  1. Lakukan penghematan

Coba hitung berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk rokok. Jika berhenti merokok, uang itu bisa ditabung dalam sebulan, setahun atau terserah periode waktu yang Anda maui. Saat diambil, gunakan uang itu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

  1. Isi dengan sayur

Untuk mendapatkan pencernaan lebih bersih, cobalah mengisi setengah piring Anda dengan sayuran lalu isi dengan makanan lainnya. Ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak hal yang bagus.

  1. Memo untuk bergerak

Kadang, sulit untuk melakukan cukup olah raga. Jadi, pasang pengingat pada kalender atau telepon untuk istirahat dan mulai berjalan kaki yang membawa Anda ke 10.000 langkah sehari. Semakin banyak langkah semakin baik.

  1. Kecilkan piring

Kita tentu ingin mengisi piring untuk makan. Otak kita berpikir, piring makin penuh berarti kita makan lebih banyak. Jadi, ajari otak agar berfikir bukannya makan lebih banyak tapi makan lebih sehat. Beralihlah ke piring lebih kecil; berarti porsi makan lebih kecil pula.

Cobalah salah satu, atau semuanya. Perubahan kebiasaan kecil bisa memberi dampak besar. Tercatat, 4 dari 10 kasus kanker di Inggris dapat dicegah. Terutama melalui hal-hal semacam tidak merokok, menjaga berat badan, menghindari minuman keras, makan makanan sehat, dan lebih aktif.

Jadi kapan akan memulai?

Facebook Comments

POST A COMMENT.