Sketsa Perjalanan Literasi Mahasiswa

Sketsa Perjalanan Literasi Mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Jombang di SMK Global Sumobito Jombang

Oleh : Aang Fatihul Islam)*
MEPNews.id —-STKIP PGRI Jombang merupakan Perguruan Tinggi yang berkomitmen terhadap terwujudnya slogan ‘Educates People’ sebagai bentuk penerapan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu kegiatan adalah Kuliha Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dan pengabdian dosen. Dalam rangka menjaga mutu KKN dipandang perlu mengubah paradigm pembangunan (development) menjadi paradigma pemberdayaan (empowerment), serta mengubah filosofi ‘Working for Community” (bekerja untuk masyarakat) menjadi ‘Working with Community” (bekerja bersama masyarakat).

Berangkat dari hal tersebut di atas, sejak tahun 2009 STKIP PGRI Jombang melakukan revitalisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Hal ini merupakan program dari Direaktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian PendidikanNasional, agar penyelengggaraan KKN bisa tercapai secara optimal. Oleh karena itu desain operasional dan cara penyelenggarana KKN yang sudah ada perlu disesuaikan dengan keadaan, antara lain dengan cara mengembangkan tema-ema KKN-PPM yang berbasis masyarakat dalam pengertian yang lebih luas.

Mengacu pada pernyataan di atas, berangkat dari pembacaan dari keadaan yang melahirkan tema besar yang dimuncukan untuk diterjemahkan oleh mahasiswa peserta KKN-PPM, maka muncullah sketsa perjalanan literasi Mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Jombang di SMK Global Sumobito Jombang. Perjalanan literasi mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Jombang selama kurang lebih satu bulan (mulai 09 Janurai 2018 sampai 09 Pebruari 2018), bisa dibilang berjalan cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang menjadi kendala namun secara umum KKN-PPM berjalan dengan sukses. KKN-PPM di SMK Global yang mengusung tema : ‘Jelajah Dunia dengan Literasi’.

“Menjelajah Dunia Literasi” telah diterjemahkan oleh mahasiswa dalam bentuk kegiatan literasi yang sinergi dengan kebutuhan di SMK Global Sumobito Jombang.

IMG-20180213-WA0063

Hasil dari penerjemahan yang tentunya setelah melalui observasi di lokasi, komunikasi dengan pihak Sekolah dan Yayasan, serta penggalian beberapa informasi yang relevan dengan tema yang diusung.
Tema yang diusung oleh mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Jombang di SMK Global Sumobito Jombang adalah ‘Menggelorakan Budaya Literasi di SMK Global Sumobito Jombang Melalui Program Jurnalistik’. Tema ini sengaja diangkat oleh Mahasiswa, karena di SMK Global Sumobito Jombang sebenarnya banyak yang potensial dibidang literasi Cuma butuh digelorakan kembali dengan melakukan pendampingan yang cukup intens. Budaya literasi perlu digelorakan kembali hingga menjadi gaya hidup para siswa untuk selalu berliterasi tanpa adanya paksaan. Ketika mereka sudah menjadikan literasi sebagai gaya hidup, maka literasi akan menjadi hiburan positif paar siswa dalam mengisi waktu-waktu senggang mereka di sekolah.

Program KKN-PPM STKIPPGRI Jombang terdiri dari tiga program, yakni program pokok, program bantu, dan program tambahan. Pada tulisan ini saya lebih fokus pada seketsa literasi yang tergambar dalam program pokok. Program pokok lebih konsen pada tema umum yang diusung yakni literasi. Pada program pokok ini mahasiswa memulai dengan mengadakan ‘Workshop Jurnalistik’ yang diisi oleh tiga pemateri, pemateri pertama disampaikan oleh wartawan dari TV One dan FactualNews, dan meteri yang kedua diisi Tim Devisi Jurnalistik dari UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang. Dalam worksop ini para peserta dibekali wawasan tentang juralistik secara umum, kemudian di bawa pada pengembaraan beberapa bentuk dari jurnalistik, yakni manajemen pengelolahan buletin dan mading sekolah. Program ini yang pada akhirnya diharapkan menjadi embrio terbentuknya ekstra jurnalistik di sekolah.

Setelah workshop selesai kemudian ditindaklanjuti dengan bengkel menulis yang diadakan setiap hari Sabtu untuk mengawal embrio pembentukan buletin dan pengelolahan mading sekolah. Para peserta setiap seminggu sekalih dilatih sejak pengenalan buletin, menejemen pengelolahan buletin, pembentukan redaksi buletin, bagaimana cara menulis di buletin dengan berbagai rubrik yang ada, cara menjadi editor, cara mendesain dan layout hingga draft mading siap cetak. Selain itu kemampuan peserta juga terus di asah untuk membuat tulisan yang menarik sebagai hiasan yang akan mengisi mading.
Atas usaha dan kerja keras dari berbagai pihak, tepat satu bulan buletin sekolah di SMK Global terbit dengan nama ‘Buletin Lensa Global’. Selain itu yang menggembirakan lagi adalah ‘Mading Sekolah’ sudah terisi goresan tangan-tangan kreatif siswa SMK Global Sumobito Jombang.. Tentu ini merupakan indikator program pokok tercapai dengan baik, karena luaran dari program pokok merupakan terbitnya buletin dan terisinya mading sekolah dengan karya siswa.

Program ini mendapat apresiasi dari pihak SMK Global Sumobito Jombang sebagaimana yang disampaikan Kepala Sekolah saat Perpisahan, karena program ini dianggap sangat membantu kemajuan sekolah terutama dalam bidang literasi. Pihak sekolah juga berharap perpisahan KKN-PPM pada tanggal 09 Pebruari hanyalah merupakan perpisahan secara formal, karena pihak sekolah masih membutuhkan bimbingan dalam hal literasi khususnya daalm pengembangan ‘Buletin Lensa Global’ dan ‘Mading Sekolah’ yang sudah dianggap cukup baik dan menggembirakan. Lahirnya Buletin dan hidupnya kembali mading di Sekolah juga telah berkontribusi dalam pembentukan Ekstra Jurnalistik di Sekolah.***

Penulis Merupakan DPL KKN-PPM STKIP PGRI Jombang di SMK Global Sumobito Jombang

Facebook Comments

POST A COMMENT.