Kitakah Predator Sosial itu?

Catatan Oase 42 :

MEPNews.id —- Predator merujuk pada sikap hewan yang memburu, menangkap dan memakan hewan lain. Hewan lain yang dimakan disebut mangsa. Predator dalam pemaknaan predator sosial adalah siapapun yang hidup dalam lingkungan kemasyarakatan tapi sikap dan perilakunya selalu berupaya mengambil kepuasan atas dirinya sendiri.

Dalam perspektif psikologi, perilaku ini dikategorikan sebagai perilaku anti sosial ( antisocial personality disorder ). Mereka yang terkategori seperti ini adalah orang orang yang dramatik. Selalu berlebihan dalam bersikap dan jarang sekali bisa mematuhi norma norma sosial yang berlaku. Cenderung melebih lebihkan sesuatu yang sebetulnya sederhana. Individu dengan riwayat seperti ini cenderung untuk melanggar hak hak orang lain meski sudah disepakati. Robert Harte menggambarkan sebagai seseorang yang menawan, memanipulasi, dan menerjang apa saja secara kejam. Sama sekali tidak memiliki hat empati. Semena mena melakukan apa saja yang dia inginkan, melanggar norma dan ekspektansi sosial tanpa sedikitpun merasa bersalah atau menyesal.

Mereka yang dengan berperilaku seperti ini biasanya secara persisten akan melanggar hak orang lain dan hukum. Mengabaikan norma dan konvensi sosial, impulsive, serta gagal membina komitmen interpersonal. Individu seperti ini biasanya akan terus menerus menerus melakukan tingkah laku kriminal atau anti sosial., namun bukan tindakan kriminalitas. Gangguan perilaku seperti ini lebih disebabkan oleh ketidak mampuan seseorang untuk mengikuti norma norma sosial yang ada selama mereka menjalani masa perkembangannya diusia remaja maupun dewasa.

Kawan…. Siapakah mereka predator sosial itu? Bukankah sikap itu sangat melekat dengan kita dan sekitar kehidupan kita. Bukankah keangkuhan yang kita pelihara yang tidak mau mendengarkan pendapat orang lain dan memaksakan apa yang kita anggap sebagai sebuah kebenaran adalah bagian dari sikap anti sosial? Menyepakati norma kebenaran yang berlaku dan berupaya menjaganya adalah sikap bijak untuk mencegah diri perilaku antisosial.

Al Qur’an menyebut mereka sebagai orang orang yang munafik :
” Dan bila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.” Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.” (QS. Al-Baqarah: 11-12)

” Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Al-Syuura: 30)

Predator sosial merupakan cerminan sikap kita yang tak selalu menyadari bahwa apa yang kita ucapkan, apa yang kita lakukan bisa menghambat perencanaan dan capaian menuju masa depan yang lebih baik. Predator sosial cenderung susah melakukan perencanaan.

Assallammualaikum wr wb… Selamat pagi, selamat beraktifitas, semoga kita dihindarkan dari sikap yang bisa merugikan masa depan yang lebih baik… Jadikan diri menjadi selalu bermanfaat bagi sesama… Aamiien

Surabaya, 11 Pebruari 2018

M. Isa Ansori

Pengajar di STT Malang , Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak ( LPA) Jatim, Anggota Dewan Pendidikan Jatim

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.