7 Langkah Sederhana untuk Jantung Sehat

MEPNews.id – Gangguan jantung dan penyakit kardiovaskuler meminta korban 17,7 juta manusia tiap tahun, atau sekitar 31% dari total kematian global. Serangan jantung ada yang mendadak dan intens sehingga orang tidak sempat menyadari apa yang terjadi. Namun kebanyakan serangan berawal dengan pelan dengan sedikit rasa sakit atau tidak nyaman, sampai-sampai penderita tidak sadar apa yang terjadi hingga kondisinya sudah terlambat.

Dr Andrene Chung, yang mengkhususkan diri pada kardiologi invasif di Pusat Intervensi Mitra Jamaika (PICJ), dalam Jamaica Observer edisi 11 Februari 2018, memberi tips hal-hal sederhana untuk jantung sehat dan Anda tetap bahagia.sayur

  1. Makan yang baik dan sehat untuk mencegah penyakit kronis. Langkah-langkahnya meliputi meningkatkan asupan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak. Batasi makan daging merah, gula, garam, dan lemak jenuh. Pandai-pandailah membaca label nutrisi di makanan kemasan agar menjadi terkendali atas asupan harian yang direkomendasikan untuk komponen makanan.
  2. Jaga berat badan, karena hal ini dapat mengurangi beban kerja jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan tulang.
  3. Berolahraga, yang bisa membantu kendali kadar kolesterol, berat badan dan tonus otot. Aktivitas fisik reguler harus dilakukan. Setidaknya, 30 menit gerak badan aerobik intensitas sedang lima hari seminggu atau 25 menit gerak badan intensitas tinggi setidaknya tiga hari per minggu ditambah dua hari latihan ketahanan intensitas sedang.
  4. Berhenti merokok; merokok adalah penyebab gangguan jantung paling signifikan.
  5. Kendalikan tekanan darah; Tekanan darah yang tidak sehat bisa sangat menyiksa jantung, arteri dan ginjal.
  6. Kontrol kolesterol agar arteri tetap bersih dari penyumbatan lemak yang menghambat aliran darah.
  7. Kontrol gula darah. Gula darah yang pas dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Asupan gula berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskuar, serta kanker tertentu.

Facebook Comments

POST A COMMENT.