Guru Jaman Now Gaji KMS?

MEPNews.id —Terjadi lagi guru Paud non formal mengundurkan diri karena ada tawaran pekerjaan dengan pendapatan yang lebih menjanjikan. Cari pendidik baru lagi, guru sudah didiklatkan keluar lagi. Selalu saja begitu. Kehidupan jaman now mana bisa hanya bermodalkan KMS (Kartu Menuju Surga).

Guru Paud juga butuh pendapatan yang bisa untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Butuh makan dan minum agar bertenaga dalam melaksanakan tugasnya.

Guru Paud butuh bensin untuk kendaraannya. Guru Paud butuh sabun dan parfum agar baunya harum didepan muridnya, guru paud butuh kosmetik agar terlihat cantik dihadapan muridnya, guru paud juga butuh pakaian yang pantas dan kebutuhan lain-lainnya.

Jadi kalau di sekolah masih banyak yang belum betah dan setelah pelaksanaan pembelajaran langsung pulang tidak boleh ada yang menyalahkannya karena mereka masih punya pekerjaan sambilan. “Lha yo buu..karepe aku kon ing sekolahan wae…aku butuh duit je..bar ngulang yo langsung mulih..” kata salah satu guru paud di lingkunganku.
Selama ini pemerintah menganggap paud itu penting. Berbagai bantuan digelontorkan untuk lembaga dan muridnya. Tapi untuk gurunya mana? Memandang penting tapi masih setengah hati.
Kalau memandang Paud penting harus total membantunya. Tidak hanya lembaga dan anak didiknya. Pendidiknya juga harus dipikirkan kesejahteraan. Jangan hanya menuntut pendidik harus berkualitas tapi tak diimbangi dengan insentif yang layak.

Akhirnya jangan diharapkan pula pendidik paud akan betah. Ada tawaran lebih menjanjikan? Pasti mereka akan undur diri. (Endang Puji Astutik)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.