Bagaimana Bisa Menjadi Great Leader?

MEPNews.id – Setiap kita adalah pemimpin. Namun, level kepemimpinannya bertingkat-tingkat. Ada yang memimpin banyak pihak, ada yang sedikit. Minimal, jadi pemimpin bagi diri sendiri.

Jim Collins, mantan profesor di Stanford Business School yang jadi konsultan bisnis, melontarkan konsep 5 Level Kepemimpinan. Dia menuliskan konsep itu dalam artikel di Harvard Business Review pada 2001, dan kemudian menerbitkan penelitiannya di buku populer Good to Great.

Konsep itu muncul 1996, saat Collins mulai meneliti apa yang membuat seuatu perusahaan menjadi hebat. Dia mengamati 1.435 perusahaan, dan akhirnya menyeleksi 11 perusahaan yang benar-benar hebat. Nah, 11 perusahaan ini dipimpin apa yang disebut Collins sebagai ‘Pemimpin Level 5.

Collins menjelaskan masing-masing lima level pimpinan itu sebagai berikut:

Level 1: Individu yang Sangat Mampu

Pada level ini, seseorang bisa memberi kontribusi berkualitas tinggi pada pekerjaan. Ia memiliki tingkat pengetahuan yang berguna; dan memiliki bakat dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Level 2: Anggota Tim yang Berkontribusi

Di Level 2, orang itu menggunakan pengetahuannya dan keterampilannya untuk membantu tim sehingga sukses. Ia bekerja efektif, produktif dan sukses bersama orang-orang lain dalam kelompok.

Level 3: Manajer yang Kompeten

Di sini, manajer itu dapat mengatur kelompok secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran yang spesifik.

Level 4: Pemimpin yang Efektif

Ini adalah kategori yang paling banyak diisi top leader. Di sini, pemimpin dapat menggembleng departemen atau organisasi atau lembaga untuk memenuhi sasaran kinerja dan mencapai visi.

Tingkat 5: Great Leader (Pemimpin Besar)

Pada Level 5, si pemimpin memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan untuk empat tingkat lainnya. Ditambah lagi, ia memiliki perpaduan kerendahan hati dan kemauan unik yang dibutuhkan untuk kebesaran sejati.

Menurut Collins, great leaders yang memimpin 11 perusahaan hebat itu memiliki sifat rendah hati dan tidak mencari kesuksesan demi kemuliaan sendiri. Sebaliknya, mereka merasa kesuksesan itu perlu agar tim dan organisasi bisa berkembang. Mereka berbagi energi untuk mencapai kesuksesan bersama, dan menjadi yang pertama bertanggung-jawab jika ada kesalahan. Collins juga mengatakan mereka sering tampak pemalu, tapi tak kenal takut ketika harus mengambil keputusan. Bahkan, mereka berani bertindak saat mana kebanyakan orang lain menganggapnya berisiko.

Pemimpin Level 5 ini juga memiliki kualitas yang ditemukan di empat level lain yang diidentifikasi Collins. Bagaimana Anda bisa menjadi great leader seperti itu?

Tentu, butuh mental besar, pengalaman banyak, dan perjalanan panjang untuk bisa mencapainya. Namun, kabar baiknya, itu bisa dipelajari dan dijalani. Anda tidak harus melewati secara berurutan setiap level sebelum menjadi Great Leader.

Nah, menurut Collins, untuk cepat melompat menjadi Great Leaders, Anda perlu bisa;

  • Mengembangkan sikap rendah hati
  • Tak mau meminta bantuan
  • Berani mengambil tanggung jawab
  • Mengembangkan sifat disiplin
  • Canggih menemukan orang yang tepat
  • Memimpin dengan penuh gairah

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.