ICEE 2018 Ajak Mahasiswa Peka Isu Pembangunan

MEPNews.id – Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) bekerjasama dengan Program Studi Teknik Sipil menggelar ITB Civil Engineering Expo (ICEE) 2018 pada 26-28 Januari di Aula Barat Kampus Jalan Ganesa No. 10 Bandung.

Dikabarkan situs resmi itb.ac.id edisi 26 Januari 2018, Ketua Pelaksana ICEE 2018 Jeremy Alverius mengungkapkan ini penyelenggaraan ICEE kedua setelah acara yang sama pada 2016. Event nasional ini mengadakan seminar, pameran, serta kompetisi karya tulis ilmiah yang mengangkat isu-isu pembangunan kekinian.

“Kami ingin meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai isu di bidang keprofesian Teknik Sipil. Kami berharap mahasiswa peka terhadap isu pembangunan yang berkembang saat ini. Hal ini juga akan berguna bagi mereka saat memasuki dunia kerja, terutama saat terjun ke lapangan,” jelasnya.

Jika ICEE 2016 lebih didominasi seminar nasional dan kompetisi, pelaksanaan ICEE 2018 berbeda. Jeremy menyebutkan pihaknya menggelar seminar nasional bersamaan pameran sekitar 20 perusahaan konstruksi swasta maupun BUMN. Tema ICEE 2018 juga lebih mengangkat isu program Tol Laut.

Mengusung tema ‘Sistem dan Infrastruktur Transportasi Laut dalam Menunjang Sistem Logistik di Indonesia’, pihaknya membahas bagaimana peningkatan konektivitas antar pulau sehingga biaya logistik berkurang. Sebagai mahasiswa Teknik Sipil, hal ini bisa ditinjau dari dua sisi. Dari bidang pengembangan infrastruktur, dan dari segi transportasi.

Warijo, staf pameran yang mewakili Balitbang Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), menilai acara semacam ini penting untuk mahasiswa agar menambah pemahaman bidang Teknik Sipil. “Kami sangat mendukung acara semacam ini digelar di perguruan tinggi. Hal ini bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman sedini mungkin pada mahasiswa mengenai apa yang mereka pelajari di kampus dan apa yang nanti mereka temukan di lapangan saat memasuki dunia kerja.”

Pada pameran tersebut, Warijo bersama tim menampilkan beberapa produk yang sudah diterapkan Kemenpupera. Antara lain di bidang pemukiman, sumber daya air, serta bidang jalan dan jembatan. (*)

Baca juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.