Memercikkan Geliat Literasi di Sekolah

Program Jelajah Pena UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang

Oleh : Aang Fatihul Islam

MEPNews.id —- UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang merupakan satu-satunya Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di STKIP PGRI Jombang yang konsen pada Penelitian dan kepenulisan. Hal ini sesuai dengan Visi dan Misi UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang.

Salah satu program yang terejawentah dari Visi dan Misi adalah ‘Jelajah Pena’. Program ini merupakan sinergitas geliat literasi dari UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang ke Sekolah-sekolah. Hal ini karena sebagai calon pendidik mahasiswa yang tergabung dalam UKM Penalaran dididik dan digembleng untuk menjadi penulis yang produktif baik ilmiah maupun non ilmiah.

Sebagai calon pendidik skill dalam hal menulis tentu menjadi nilai tambah dalam menopang sosok guru yang ideal di kemudian hari. Program ‘Jelajah Pena’ dalam hal ini merupakan program yang bersinergi dengan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah-sekolah khususnya eksta jurnalistik. Hal ini karena geliat ekstra jurnalistik di sekolah-sekolah nampaknya perlu dikembangkan agar ada banyak inovasi dan pengembangan.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendidik dan melatih kader UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang mengamalkan ilmu yang didapatkan di dunia sekolah.

Selain itu program ini juga dalam rangka menggali dan mendukung skill siswa terutama dalam hal menulis yang seringkali tertutupi dengan rapi.
Wilayah literasi yang digarap oleh UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang pada program ‘Jelajah Pena’ saat ini, yaitu bengkel menulis yang mencakup tiga aspek, antara lain: manajemen pengelolahan buletin sekolah, madding sekolah, dan bagaimana cara menulis di media masa baik online maupun offline.

Dalam memulai program ini UKM Penalaran bekerjasama dengan Mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Jombang di SMK Global. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah ‘menjelajah Dunia Literasi’, sedangkan judul KKN-PPM yang diangkat oleh mahasiswa adalah ‘menggelorakan Budaya Literasi melalui Program Jurnalistik di SMK Global Mentoro’.

Kerjasama ini berupa penugasan kader UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang untuk ikut mengawal kesuksesan berliterasi siswa, yang dimulai dengan memberikan materi jurnalistik (manajemen pengelolahan buletin sekolah dan madding) kemudian dilanjutkan dengan program bengkel menulis setiap hari sabtu hingga buletin dan madding terwujud. Setelah terwujud terus dievaluasi sampai dikatakan layak dan memenuhi kaidah kepenulisan yang baik. selain itu setelah atmosfer budaya literasi sudah terbangun, siswa juga akan dilatih untuk mengirim tulisan di media masa.
Meskipun program ‘jelajah Literasi’ ini baru saja dijadikan inovasi program kerja pada pengurus UKM Penalaran STKIP PGRI Jombang periode ini (Periode 2017-2018), namun program ini akan terus dikembangkan dengan beberapa sekolah di Jombang dengan harapan agar pena-pena sebagai simbol menulis terus menggeliat di sekolah. Dengan adanya percikan tulisan-tulisan di sekolah yang semakin massif, maka UKM Penalaran diharapkan akan turut serta membantu memperkuat budaya literasi di tingkatan sekolah baik SLTP maupun SLTA di Jombang.

Hal ini karena proses kreatif dalam menulis tidak cukup selesai pada pelatihan menulis berkali-kali, akan tetapi perlu terus diasa dengan terus berlatih menulis agar daya kreatifitas dan kualitas menulis siswa semakin baik. ***
Penulis merupakan Pembina UKM Penalaran dan Dosen STKIP PGRI Jombang

Facebook Comments

POST A COMMENT.