Ada Dana untuk Eksperimen ‘Obati’ Penuaan

MEPNews.id – Siapa sih yang tak ingin berpenampilan muda terus? Sayangnya, kita semua menjalani proses penuaan dan akhirnya mati. Tapi, ada pengusaha dan ilmuwan yang ingin mengakali takdir.

Matthias Zomer, melalui Futurism edisi 17 Januari 2018, mengabarkan akselerator bisnis, Y Combinator, meluncurkan YC Bio. Ini jalur pendanaan khusus untuk perusahaan bioteknologi. Fokus awalnya perusahaan-perusahaan yang membantu manusia hidup lebih lama dan lebih sehat.

Y Combinator terkenal karena membuat investasi menarik dan sering kali bijak. Mereka memberikan dukungan awal kepada perusahaan-perusahaan yang saat ini terkenal, antara lain Airbnb dan Coinbase. Lembaga ini mendukung ventura lebih kecil segala bidang, mulai dari sains hingga kebutuhan sapi.

Pada 11 Januari, Sam Altman presiden Y Combinator mengumumkan YC Bio yang mendanai perusahaan ilmu hayati. Karena luasnya bidang biologi, Altman memilih fokus pada satu bidang tertentu pada suatu waktu. “Perusahaan-perusahaan di bidang yang sama mendapatkan banyak nilai dari berhubungan satu sama lain.”

Area fokus pertama YC Bio adalah ‘healthspan’ dan penyakit usia lanjut. Healthspan mengusung gagasan bahwa obat seharusnya tidak hanya membantu orang hidup lebih lama, namun juga memberi kesempatan orang menikmati kesehatan baik dan kualitas hidup tinggi.

“Kami pikir ada banyak kesempatan membantu orang hidup lebih sehat lebih lama. Itu bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi krisis kesehatan,” tulis Altman dalam blognya saat mengumumkan ventura tersebut.

Lebih besar

Seperti YC AI yang mendanai perusahaan kecerdasan buatan (AI), perusahaan-perusahaan dalam YC Bio akan pertama-tama melalui penilaian reguler akselerator sebelum menerima bantuan. Bedanya, jika standar YC hanya $ 120.000 dengan imbalan 7 persen kepemilikan, perusahaan-perusahaan dalam YC Bio akan menerima antara $ 500.000 hingga $ 1 juta untuk imbalan antara 10 – 20 persen kepemilikan.

Selain pendanaan ini, perusahaan-perusahaan YC Bio akan menerima lab gratis dan penawaran khusus lainnya, antara lain akses ke berbagai ahli.

Pada 2014, Y Combinator mendanai perusahaan bioteknologi mereka pertama Ginkgo Bioworks. Perusahaan tersebut bisa mengumpulkan $ 275 juta untuk membangun fasilitas produksi baru, sehingga bernilai total menjadi $ 1 miliar.

Keberhasilan terakhir ini menggembirakan. Bidang anti-penuaan ini penuh gagasan menjanjikan, namun hampir tidak ada cukup pendanaan untuk memfasilitasi penelitian solid.

Baca Juga:

Facebook Comments

POST A COMMENT.