Menumbuhkan Anak Suka Berkarya Tulis

Foto Ilustrasi : DK/Hari

MEPNews.id — TIDAK banyak anak suka membaca, apalagi berkarya tulis.  Maka, begitu ada anak yang suka membaca dan kemudian dilanjut menjadi penulis cilik, banyak orang mengagumi. Berikut tip sederhana menumbuhkan anak suka menulis.

Pertama, jadikan buku sebagai sahabat anak. Awalnya anak suka melihat, kemudian memegang, mainkan buku, melihat-lihat gambar, maka lama kelamaan anak akan suka dengan buku. Dengan anak suka buku, maka langkah berikutnya anak suka membaca. Nah, suka membaca inilah pintu masuk bagi seorang anak suka menulis. Maka langkah awal, orangtua punya kewajiban menghadirkan buku di rumah. Dikamar anak, diruang tamu, di ruang keluarga harus hadir yang namanya buku.

Kedua, budaya dongeng adalah salah satu cara juga menggugah anak menulis. Karena dengan orangtua mendongeng, bercerita, secara tidak langsung mengasah imajinasi anak. Pikiran anak diajak menggembara secara liar sesuai cerita yang dibawakan. Tiba-tiba anak kita mengenal Amerika,mengenal Mekkah, mengenal perjuangan nabi-nabi dan seterusnya.

Ketiga, setiap melakukan perjalanan ke luar kota, atau keluar rumah, pada hari Sabtu atau Minggu, saat anak libur sekolah, anak suruh mengamati apa yang ada dijalan, apa yang dialami, apa yangdilihat, kemudian suruh menuliskan pendek pengalamannya. Inis sesuatu yang sederhana, tetapi melatih anak mengelola kata dan kalimat tapi sekaligus mengasah kepekaan social anak.  (bersambung)

Sumber: Pelatihan Literasi Anak – MEPTraining Center

BACA JUGA :

Rendahnya Minat Baca Pelajar Indonesia: Salah Siapa?

Menulis Bisa Melepas Beban Hidup

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.