Makanan Masa Kecil Tentukan Kecerdasan Anak

MEPNews.id – Diet berupa makanan rendah gula, rendah lemak dan sedikit olahan yang dikonsumsi saat usia muda dapat meningkatkan kecerdasan di usia berikutnya. Anak-anak di bawah usia 3 tahun yang diberi makanan penuh nutrisi dan vitamin bakal memiliki IQ lebih tinggi. Semakin banyak makanan sehat yang mereka konsumsi, semakin tinggi IQ mereka.

Kate Northstone PhD dari University of Bristol dan timnya mengikuti perkembangan kesehatan 14.000 anak yang lahir antara tahun 1991 dan 1992 di Inggris. Apa yang anak-anak itu makan dilacak hingga usia 8 tahun saat mereka diberi tes kecerdasan. Hasil penelitian kohort jangka panjang itu dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health.

Temuan tim peneliti menunjukkan, anak-anak yang makan makanan sehat –antara lain; lebih banyak salad, nasi, pasta, ikan dan buah– memiliki IQ lebih tinggi saat usia 8 tahun. Mereka yang mengkonsumsi lebih banyak junk food kaya lemak dan gula memiliki IQ lebih rendah.

Baca Juga :

Banyak Orangtua Gagal Mendidik Anak Memiliki Naluri Sosial

Attitude is Everything

Laporan penelitian menyimpulkan, “Pola makan buruk dengan kandungan tinggi lemak, tinggi gula dan makanan olahan pada masa kanak-kanak dapat dikaitkan dengan pengurangan IQ di masa usia lebih tinggi. Diet sehat, yakni mengkonsumsi makanan kaya nutrisi tinggi saat penilaian kecerdasan, dapat dikaitkan dengan peningkatan IQ.”

Namun, hanya ada sedikit efek IQ dari apa yang anak-anak makan saat mereka berusia 4-7 tahun. Laporan penelitian menyebutkan, “Ini menunjukkan setiap efek kognitif/perilaku yang berkaitan dengan kebiasaan makan di masa kanak-kanak mungkin berlanjut sampai masa usianya bertambah besar, meskipun ada perubahan (termasuk perbaikan) terhadap asupan makanan. Ada kemungkinan, nutrisi yang baik selama periode di bawah usia 3 tahun dapat mendorong pertumbuhan otak yang optimal.”

Facebook Comments

POST A COMMENT.